Pemberian Pupuk Dasar Tanaman Tomat

Pertanianku – Pemberian pupuk dasar adalah pemberian pupuk organik atau pupuk kandang dan anorganik sebelum penanaman tomat. Pupuk kandang yang dapat digunakan adalah kotoran sapi, kerbau, kambing, ayam, kuda, itik, dan puyuh. Masing-masing pupuk kandang tersebut mempunyai hara yang berbeda-beda. Secara umum, pupuk kandang ayam mempunyai hara lebih baik daripada domba, sapi, dan kuda. Dosis pupuk kandang yang sering digunakan untuk tomat adalah 1,5 kg/tanaman. Pupuk kandang diaduk merata dengan tanah bedengan.

Pemberian Pupuk Dasar Tanaman Tomat

Pemberiannya dapat bersamaan dengan pengapuran. Selanjutnya, dibiarkan selama 1—2 minggu. Pupuk kandang mempunyai kandungan hara yang relatif sedikit dibandingkan pupuk buatan (anorganik). Oleh karena itu, selain pupuk kandang diperlukan juga pupuk buatan sebagai pupuk dasar. Pupuk dasar yang diberikan adalah 650 kg/ha ZA, 250 kg/ha Urea, 500 kg/ha TSP atau SP-36, dan 400 kg/ha KCl. Pupuk tunggal tersebut dicampur secara merata dan diaplikasikan pada bedengan yang telah dibuat. Selain pupuk tunggal, dapat pula diberikan pupuk majemuk NPK 15 : 15 : 15 sebanyak 700 kg/ha.

Tiap 100 kg pupuk NPK dicampurkan dengan 1,5 kg Furadan. Pupuk dasar tersebut diberikan sebanyak 200 g/m2. Campuran ini disebar dan diaduk merata di bedengan. Sambil dirapikan, bedengan diratakan kembali. Selanjutnya, bedengan disiram dengan air dan siap dipasang mulsa plastik hitam perak.

 

Sumber: Buku Bertanam Tomat di musim hujan

 

Baca Juga:  Pupuk Hijau dari Daun Gamal, Membuat Tanaman Langsung Subur

loading...