Pembuatan Kolam Beton Untuk Budidaya Cacing Sutera


Pertanianku – Kolam beton memiliki daya tahan yang cukup kuat dan lama. Beton yang digunakan sebagai dinding juga mampu meredam getaran dari luar. Sama seperti kolam plastik, petakan kolam yang dibuat minimal harus 80 kolam masing-masing berukuran 0,5 m x 1 m. Dengan demikian, panen bisadilakukan setiap hari. Untuk membuat kolam beton, diperlukan beberapa alat dan bahan seperti semen, batu bata, pasir, alat tukang, pompa, paranet, serta paralon ½ inci lengkap dengan L, T, dan lemnya. Berikut cara pembuatannya.

  1. Tentukan luas kolam. Sebagai saran, ukuran kolam beton yang dibuat minimal 0,5 m x 1 m. Hal itu agar kualitas air stabil dan pertumbuhan cacing sutera bisa maksimal. Semakin panjang, kolam akan semakin baik, tetapi yang disarankan maksimal 10 m.
  2. Pasang batu bata sebagai rangka atau dinding kolam. Dasar kolam bisa berupa tanah ataupun disemen. Agar lebih rapi, dinding bata diplester dengan semen.
  3. Tanam paralon berbentuk L di salah satu sudut untuk saluran pembuangan dan sudut lainnya sebagai saluran pemasukan.
  4. Pasang pipa paralon ½ inci memanjang ke seluruh kolam agar semuanya bisa mendapatkan suplai air. Paralon sudah dilubangi sebelumnya dengan paku, tetapi jangan terlalu besar.
  5. Pasang pompa untuk mendistribusikan air ke setiap kolam.
  6. Berikan kawat kasa pada saluran pemasukan untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke dalam kolam.
  7. Pasang paranet sebagai penutup agar suhu air tidak terlalu panas pada siang hari.

 

Sumber: Buku Beternak Cacing Sutera Secara Modern

Baca Juga:  Inilah Teknik Budidaya Jangkrik yang Baik dan Benar
loading...
loading...