Pembuatan Lubang Tanam pada Tanaman Mangga

Pertanianku – Setelah ajir dipasang sesuai cara tanam yang dikehendaki, buatlah lubang tanam berukuran 100 cm x 100 cm x 100 cm. Lubang tersebut diisi dengan tanah yang subur supaya dikemudian hari tanaman mangga bisa tumbuh sehat dan subur.

Pembuatan Lubang Tanam Tanaman Mangga

Sebelum lubang dibuat, buatlah garis bujur sangkar, yakni dengan memastikan ajir diletakkan di tengah-tengah titik potong diagonal. Letakkan tanah bawah di sebelah barat. Hal ini untuk mengingat-ingat peletakkan B. Sementara itu, tanah atas bisa diletakkan di sebelah timur atau lainnya. Maksudnya, pada waktu pengisian lubang, yang dimasukkan utamanya adalah tanah bagian atas yang baik, sedang tanah bawah yang jelek tidak perlu dimasukkan lagi, tetapi diganti dengan kompos atau pupuk kandang atau bisa juga tanah atas dimasukkan ke lubang setelah dicampur homogen dengan pupuk organik.

Apabila tanah bawah yang tak dipergunakan, kira-kira sepertiga lubang maka sebaiknya diberi kompos atau pupuk kandang juga sebanyak sepertiga. Sementara itu, tanah sisanya sebaiknya dibiarkan saja di bagian atas tanah di sekitar lubang, barangkali masih diperlukan untuk menambah. Seandainya tak terpakai, biar saja terkena sinar matahari, dan biarkan mengalami pelapukan secara alami.

Abu pembakaran bisa diberikan sebanyak satu keranjang kecil (3—5 kg) yang diisi ke lubang. Setelah selesai, beri air kompos atau air pupuk kandang secukupnya. Dengan demikian, lubang (pot besar) telah diberi tanah yang cukup mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman muda siap ditanam. Pembuatan lubang sebaiknya dilakukan saat musim kemarau atau beberapa bulan sebelum musim hujan. Sebelum ditanami, tanah dan lubang tanam dibiarkan terpapar sinar matahari. Makin lama lubang terbuka makin baik karena bibit penyakit semakin banyak yang mati.

Baca Juga:  Ciri-ciri Varietas Tomat yang Unggul

 

Sumber: Buku Bertanam Mangga di Kebun dan Pot

 


loading...