Pembuatan Rumah Pembibitan Tomat

Pertanianku – Pembuatan rumah pembibitan bertujuan untuk melindungi bibit dari terpaan hujan dan sinar matahari berlebihan. Bahan yang digunakan  adalah plastik, bambu atau kayu, dan paranet. Rumah pembibitan dapat berupa sungkup dari kerangka bambu atau besi dan atap plastik transparan atau dapat pula menggunakan daun kelapa kering.

Pembuatan Rumah Pembibitan Tomat

Pembuatan rumah pembibitan dimulai dengan mempersiapkan bahan berupa plastik transparan, bambu (kayu), dan paranet. Rumah pembibitan dibuat mengarah ke Timur (bagian depan). Penopang bambu bagian depan dibuat dengan ketinggian 1,75 m dan bagian belakang 1,25 m. Untuk meletakkan bibit, dibuat bangku dari bambu dengan ukuran lebar 1 m, panjang 10 m, dan tinggi 75 cm. Bagian atas ditutup dengan plastik transparan. Jika terlalu panas, dapat dibuat pelindung menggunakan paranet atau daun kelapa kering. Rumah pembibitan dapat berupa sungkup plastik. Sungkup plastik transparan dibuat melengkung.

Lebar sungkup adalah 1—1,25 m dan tingginya 80—100 cm. Untuk meletakkan bibit, dibuat bangku dari bambu dengan ukuran lebar 1 m, panjang 10 m, dan tinggi 75 cm. Bagian depan dan belakang sungkup dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dibuka dan ditutup. Kadang kala diperlukan pelindung menggunakan paranet jika terlalu panas.

 

Sumber: Buku Bertanam Tomat di musim hujan

 

Baca Juga:  Cara Sterilisasi Baglog, Media Tumbuh Jamur

loading...