Pemeliharaan Anak Domba Pascasapih

Pertanianku – Pada umumnya, anak domba disapih pada umur 3—6 bulan. Umur penyapihan ini sangat tergantung pada kondisi anak domba, kondisi induk, dan tujuan peternak. Jika kondisi anak domba kurang baik maka penyapihan dapat diundur. Sebaliknya, walaupun kondisi anak domba itu baik, tetapi dipersiapkan sebagai calon bibit maka penyapihan dilakukan pada umur 4—6 bulan. Sementara itu, anak domba untuk tujuan calon penggemukan disapih pada umur empat bulan.

Pemeliharaan Anak Domba Pascasapih

Anak-anak domba jantan yang tidak digunakan sebagai calon bibit, dikastrasi menjelang penyapihan. Sementara itu, anak domba jantan calon bibit dipisahkan dari kelompok betina sejak memasuki pascasapih. Pada awal penyapihan, biasanya anak domba gelisah karena merasa kehausan.

Untuk mengatasi hal itu, perlu disediakan air minum yang cukup dan bersih. Pakan yang yang diberikan adalah hijauan dan konsentrat. Pada awal penyapihan ini, infeksi cacing sangat rentan terhadap anakan domba. Hal itu disebabkan sejak penyapihan, anak domba bebas bergerak dan memilih hijauan dalam penggembalaan. Untuk mencegah terjadinya infeksi cacing, berikan obat cacing ketika anak domba disapih.

  • Pengelompokan anak domba pasca sapih

Jika anak domba pascasapih jumlahnya lebih dari tiga ekor, sebaiknya dijadikan satu kelompok dalam kandang tersendiri dan terpisah dengan kelompok lain. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengelolaannya.

  • Pemberian tanda pengenal

Untuk memudahkan seleksi, sebaiknya pada waktu menjelang penyapihan, anak-anak domba tersebut sudah diberi tanda pengenal.

 

Sumber: Buku Bertenak Domba

 

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengefisiensikan Biaya Produksi Ternak Ayam Kampung

loading...