Pemeliharaan Ayam Broiler Hari per Hari Supaya Panen dalam 3 Minggu


Pertanianku — Memanen broiler dalam waktu 22 hari bisa dilakukan oleh peternak dengan memerhatikan semua kebutuhan broiler agar dicapai panen dengan bobot ideal. Selain itu, hal yang penting untuk dilakukan ialah pemeliharaan ayam broiler hari per hari supaya hasil maksimal.

pemeliharaan ayam broiler
Foto: Pertanianku

Pemeliharaan broiler harus diprogram dengan tujuan memudahkan pekerja dalam menjalankan aktivitas pemeliharaan sesuai dengan tujuan atau sasaran yang akan dicapai, yaitu performa produksi yang optimal. Selain itu, program ini juga dapat dijadikan kontrol pemilik usaha terhadap proses pemeliharaan.

Pemeliharaan hari pertama bisa Anda mulai dengan menyalakan pemanas selama 2 jam sebelum DOC datang. Sebelumnya, alas sudah dilapisi koran sebanyak 3—4 lapis. Pastikan juga suhu berada pada angka 33° C dan sudah merata di ruang brooding.

Selanjutnya, isi tempat air minum dengan air gula (gula ATP, vitamin elektrolit, atau sejenisnya), lalu isi pakan pada feeder tray. Setelah mobil DOC datang, maka salah seorang harus bertugas mengurusi administrasi dan pengecekan. Harus ada juga yang bertugas menurunkan DOC dari dalam mobil dan ditempatkan di dekat ruang brooding.

Penimbangan boks cukup dilakukan pada 10 persen dari populasi untuk mengetahui berat awal DOC. Berat awal DOC dihitung dengan menimbang berat seluruh boks dikurangi berat boks kosong dikurangi jumlah ayam dalam tiap boks, lalu diambil rata-ratanya dari 10 persen yang dihitung.

Setelah itu, tebarkan DOC ke ruang brooding dengan hati-hati dan teliti, lalu tebarkan sedikit pakan di atas kotoran untuk merangsang DOC cepat makan. Kemudian, pisahkan DOC yang lemah untuk diberi perlakuan khusus dan afkir/calling DOC yang jelek (ompalitis) dan cacat.

Setelah 3 jam DOC ditebar, ambil sampel DOC (10 persen di pinggir dan di tengah brooding), pegang tembolok (kantung pakan), dan pastikan 95 persen ayam sudah makan. Jika air gula sudah habis, segera isi air minum yang dicampur dengan vitamin.

Baca Juga:  Ketahui Kendala yang Bisa Terjadi dalam Beternak Bebek

Nah, itulah perawatan hari per hari ayam broiler untuk hari pertama. Perawatan hari ke-2, ke-3 dan seterusnya bisa Anda baca di buku Panduan Praktis Panen Broiler 3 Minggu yang ditulis oleh Ferry Tamalluddin.

loading...
loading...