Pemeliharaan Ayam Dara


Pertanianku – Pada umur ini anak ayam sudah tidak memerlukan penanganan ekstra seperti pada umur 1—3 minggu. Pemeliharaan rutin adalah pemberian pakan dan minuman yang cukup jumlahnya dan baik kualitasnya. Pakan ras petelur grower dapat diberikan. Pada ayam dara perlu disediakan tempat pakan gantung ukuran 10 kg sebanyak 4 buah. Banyaknya pakan yang diberikan ± 80 g/hari. Kemudian tempat minum yang digunakan adalah yang berukuran 1 galon sebanyak 4 buah.

Pemeliharaan Ayam Dara

Air minum diberikan dua kali sehari. Tempat minum harus dicuci dua kali sehari. Bila ayam akan terus dipelihara intensif di dalam kandang, perlu dipersiapkan adanya sarang/sangkar. Sangkar dapat berbentuk peti yang diberi alas litter (kulit gabah/serutan padi) ukuran 31 x 31 x 31 cm. Atau dibuatkan sangkar koloni dengan ukuran 35 x 35 x 40 cm untuk 4—5 ekor ayam dan sangkar dapat dibuat bersusun bertingkat ke atas dan mendatar ke samping.

Ayam jantan dan betina dipelihara campur, yaitu 10—12 ekor jantan setiap 100 ekor betina. Untuk ayam betina yang akan dikawinkan secara buatan, ayam betina tersebut dapat dipindahkan ke kandang baterai tunggal. Begitu pula untuk ayam jantannya ditempatkan pada kandang baterai tunggal supaya dapat diketahui dengan pasti asal induk/pejantannya. Sebelum dipindah ke kandang baterai maupun tetap di kandang litter, satu minggu sebelumnya (umur 20 minggu) ayam diberi obat cacing dan obat kutu.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Ayam

 

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!
loading...
loading...