Pemeliharaan Induk Domba Bunting

Pertanianku – Agar anak domba yang dikandung dapat lahir dengan selamat serta dalam keadaan yang kuat dan sehat, domba betina yang sedang bunting harus mendapat perhatian ekstra.

Pemeliharaan induk Domba bunting

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama mengenai pemberian pakan, latihan fisik, serta penyediaan tempat yang aman dan nyaman.

Loading...

a. Pemberian pakan

Pada pemeliharaan domba yang sedang bunting, peternak harus dapat memahami bahwa anak di dalam kandungan merupakan bagian dari tubuh induk. Dalam periode kebuntingan tiga bulan yang pertama, pertumbuhan janin masih agak lambat. Oleh karena itu, jumlah kebutuhan pakan untuk keperluan anak di dalam kandungan juga belum banyak. Pemeliharaan induk pada periode kebuntingan tigabulan pertama ini yang penting ialah harus dapat menjaga kondisi induk sebaik mungkin, terutama mempertahankan berat badan agar tidak mengalami penurunan.

Sekitar 4—6 minggu sebelum melahirkan, pertumbuhan janin berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu, induk bunting perlu diberi pakan dengan kandungan protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Pada saat itu, bobot tubuh domba seharusnya dapat meningkat 7—12 kg. Hal itu dapat dicapai jika domba diberi pakan secara bebas.

Bahan pakan dapat berupa campuran rumput dan leguminosa serta konsentrat, ditambah suplemen tambahan protein dan mineral.Jumlah pakan yang diberikan untuk induk berbobot 40 kg sebanyak 4,5—5 kg/ekor/hari dan konsentrat 0,25—0,5 kg/ekor/ hari. Jika perlu, induk diberi molase sebanyak 100—200 g/ekor/hari.

Molase diberikan sebagai pengganti pakan berbutir karena mudah dicerna. Pemberian pakan yang baik akan berpengaruh besar terhadap meningkatnya beberapa hal, yaitu sebagai berikut.

1) Produksi air susu induknya.

2) Kondisi kuat dan sehat dari anak yang dilahirkan dengan bobot

yang normal.

b. Latihan fisik

Baca Juga:  Pahami Sistem Pencernaan Domba agar Pemberian Pakan Tepat

Untuk menjaga agar induk yang sedang bunting tua mampu bertahan dengan kondisi sehat dan kuat serta badan yang tidak terlampau gemuk, peternak harus memberi kesempatan kepada induk tersebut untuk melatih otot-otot badannya. Latihan fisik ini dilakukan dengan cara melepas domba di lapangan penggembalaan setiap hari. Dengan cara ini, domba akan banyak berjalan dan gerakan fisik ini akan membuat peredaran darah berjalan lancar serta mengurangi kegemukan.

c. Penyediaan kandang khusus

Dua bulan sebelum melahirkan, induk-induk harus dipindahkan ke kandang khusus untuk melahirkan. Kandang khusus untuk beranak ini membuat induk bunting tidak terganggu, terutama induk tidak terkena benturan akibat perkelahian. Dengan cara ini, induk-induk tersebut akan merasa nyaman dalam menghadapi kelahiran.

 

Sumber: Buku Beternak Domba

Loading...
Loading...