Pemeliharaan Itik Pada Masa Rontok Bulu

Pertanianku – Masa rontok bulu merupakan masa istirahat dan masa perbaikan alat reproduksi setelah bertelur selama 8—10 bulan.

Faktor Penyebab Itik Sakit

Pemeliharaan itik pada masa rontok bulu berbeda dengan masa bertelur. Perbedaan tersebut terutama dari kebutuhan nutrisinya, yaitu sebagai berikut.

  • Pada minggu ke-1—3 diberikan pakan grower dengan jumlah terbatas agar rontok bulunya dapat berlangsung cepat dan selesai serempak. Dapat pula diberikan pakan dengan kadar protein 12—13% dengan jumlah pakan sedikit lebih banyak, yaitu 80 g/ekor/hari.
  • Pada minggu ke 4—7 diberikan pakan layer dengan jumlah agak banyak agar proses pertumbuhan bulu baru lebih cepat serta diharapkan pada minggu ke-8 itik mulai bertelur kembali.
  • Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari, yakni pagi dan sore hari.
  • MANAJEMEN SAAT BULU RONTOK

Saat itik memasuki masa rontok bulu, teknik budi daya lebih diarahkan pada sistem penggembalaan. Tujuannya, untuk menghemat biaya pakan dan membuat itik lebih optimal memasuki periode ke-2 bertelurnya. Setelah pergantian bulu lengkap dan memasuki minggu ke-7, itik siap memasuki masa bertelur ke-2 ditandai dengan mulai bertelur sebanyak 1—2 butir dari setiap kelompok itik. Memasuki minggu ke-8, produksi telur akan mulai meningkat kembali dan bisa dipelihara seperti pemeliharaan itik layer periode pertama.

 

Sumber: Buku Agriflo Itik

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Beternak Ayam Petelur

loading...