Pemerintah akan Salurkan 35 Juta Benih Perkebunan Gratis


Pertanianku – Belum lama ini pemerintah menyatakan akan segera menyalurkan benih perkebunan secara gratis sebanyak 35 juta benih hingga Desember mendatang.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Bambang mengungkapkan, realisasi penyaluran benih hingga Oktober telah mencapai lebih dari 25 persen dari target 35 juta.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan pengadaan benih dengan melibatkan petani langsung salah satunya melalui program desa mandiri benih.

“Baik benih kakao, benih kopi, benih karet maupun benih komoditas perkebunan lainnya sudah banyak di masyarakat. Dari tahun lalu sudah dipersiapkan,” kata Bambang saat konferensi pers World Plantation Conference and Exhibition (WPLACE) 2017 di Hotel Borobudur, beberapa waktu lalu seperti diberitakan Kompas (16/10).

Bambang juga mengatakan bahwa program pemberian 35 juta benih dilaksanakan melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017.

Meski begitu, ia tak menjelaskan lebih lanjut terkait besaran anggaran yang dialokasikan untuk program 35 juta benih perkebunan.

Menurutnya, saat ini yang sangat mendesak dalam sektor perkebunan adalah perbaikan dan pemeliharaan perkebunan rakyat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tanaman komoditas perkebunan rakyat diperlikan pemeliharaan mulai dari awal ketika pemupukan hingga pengendalian hama penyakit. Hal ini dilakukan guna meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan rakyat yang berdampak pada kesejahteraan petani rakyat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution tengah menyoroti sektor bibit komoditas pertanian dalam negeri.

Ia mengungkapkan bahwa salah satu yang tidak dibenahi pada sektor pertanian adalah persoalan bibit komoditas pertanian, baik tanaman pangan maupun tanaman perkebunan.

Darmin menegaskan, penyediaan bibit unggul di dalam negeri perlu dilakukan. Hal ini agar meningkatkan produktivitas dan daya saing produk pertanian di Indonesia.

Baca Juga:  Populasi Orangutan Kalimantan Mengkhawatirkan

“Salah satu di pertanian yang tidak pernah dibenahi adalah bibit, jangan biarkan rakyat menanam bibit yang tidak karu-karuan bibitnya, produktivitasnya pasti ekstrim,” terang Darmin.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Kementan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,4 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 untuk pengembangan benih ataupun bibit berbagai komoditas dan akan ditambah menjadi Rp5,5 triliun hingga tahun depan.

loading...
loading...