Pemerintah Bagikan 180 Ribu Alat Mesin Pertanian


Pertanianku — Hingga kini, pemerintah sudah membagikan 180 ribu alat mesin pertanian (alsintan) kepada para petani di seluruh Indonesia. Pembagian alsintan bertujuan meningkatkan hasil panen petani.

180 ribu alat mesin pertanian
Google Image

“Sampai saat ini sudah 180 ribu alsintan yang sudah dibagikan pemerintah kepada para petani dalam bentuk traktor roda dua, roda empat, alat untuk tanam, dan combine harvester serta yang lainnya,” kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Momon Rusmono, dikutip dari Republika, Kamis (21/12).

Ia berharap dengan adanya alsintan bisa mempercepat pengolahan tanah dan juga panennya para petani. Selain itu, para petani juga bisa lebih efisien dalam hal bekerja dan tentu bisa mempercepat masa tanam. Sebab, menurut Momon, pengerjaan dengan mesin jauh lebih cepat daripada manual.

“Bantuan ini untuk mempercepat masa tanam, karena dengan alsintan bisa mengefisiensi 30—40 persen waktu dan hasilnya lebih banyak,” jelasnya.

Momon mengutarakan, jika dilihat dan diamati lagi, saat ini para petani rata-rata sudah menggunakan alsintan dalam mengolah sawah mereka.

“Sekarang coba cari yang mengolah lahan pakai cangkul, sudah hampir tidak ada ‘kan, tapi mereka sudah menggunakan traktor roda dua semua,” ujarnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, saat para petani menggunakan alsintan, maka hasilnya pun akan berbeda dengan cara tradisional karena bisa menekan terjadinya pembuangan gabah ketika dipanen, berbeda ketika menggunakan arit.

Dia menilai, dari segi harga gabahnya pun ada perbedaan yang cukup signifikan. Misalnya ketika petani menggunakan combine harvester, harga gabahnya juga jauh lebih mahal ketimbang menggunakan mesin biasa.

Momon menyampaikan untuk sektor pertanian di masa depan, ia menginginkan para petani tidak lagi didominasi oleh orang tua, namun anak muda juga bisa terjun langsung mengolah lahan pertanian dengan adanya teknologi ini.

Baca Juga:  Upaya Kementan Ciptakan Pola Tanam Hemat Air untuk Hindari Puso
loading...
loading...