Pemerintah Bagikan Bibit Lada dan Cengkih ke Seluruh Wilayah Indonesia


Pertanianku – Sejak dulu Indonesia terkenal kaya akan rempah-rempah. Bahkan, hingga dijuluki sebagai negara penghasil rempah-rempah. Guna kembali menggairahkan sektor tersebut, Kementerian Pertanian membagikan total 30 juta batang bibit unggul lada dan cengkih ke seluruh Indonesia tahun ini.

Menteri Pertanian RI (Mentan) Andi Amran Sulaiman, mengaku terinspirasi dengan kejayaan nusantara pada masa lalu. Ketika itu, berbagai negara di belahan dunia datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah, bukan barang tambang atau sawit. Namun, sejak 500 tahun lalu, kejayaan rempah-rempah mulai meredup.

“Dua tahun ke depan kita ini pangan boleh dikata luar biasa lompatannya. Dulu kita berjaya karena rempah-rempah, Pak Presiden minta kita angkat kembali kejayaan rempah-rempah,” terang Menteri Amran dalam sambutannya di hadapan para petani di Pulai Sebatik, Kabupaten Nunukan, baru-baru ini, seperti melansir Repubika (23/10).

Pada kesempatan tersebut, Mentan juga bercerita bahwa dulu Belanda, Eropa, dan Inggris datang ke Indonesia semata-mata karena mengincar kekayaan alam rempah-rempah yang melimpah, bukan karena adanya tambang.

Karenanya, ia ingin mengembalikan kejayaan rempah-rempah yang dulu sebagai ikon Indonesia maka akan dimulai dengan memberikan bibit unggul rempah-rempah seperti lada serta cengkih. Bibit-bibit ini nantinya akan diberikan secara gratis kepada masyarakat petani di seluruh Indonesia.

“Pastinya kami akan berikan secara gratis, tahun ini 30 juta batang untuk seluruh indonesia. Tahun depan target swasembada komoditi lain saya tidak mau berjanji, tapi mohon doanya,” tagas Mentan.

Guna mewujudkannya, pemerintah telah memberikan bibit cengkih dan lada ke seluruh petani yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga:  Perempuan Hawai Temukan Alpukat Raksasa Seberat 2 Kg
loading...
loading...