Pemerintah Berniat Berikan Lahan ke Petani Kecil

0

Pertanianku –  Pemerintah saat ini berencana membagikan lahan pertanian seluas 30 juta hektare ke petani kecil. Langkah tersebut juga mendapat dukungan dari Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Pembagian lahan ini diharapkan mampu memberikan manfaat besar bagi para petani, dan juga peternak skala kecil.

Pembagian lahan akan diutamakan bagi petani-petani yang tidak memiliki lahan. Tujuannya tidak lain untuk mencapai swasembada pangan. Pernyataan ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron.

“Semestinya kalau targetnya untuk mencapai swasembada, yang harus mendapatkan lahan itu petani yang di lapangan, petani tanaman pangan,” kata Herman, seperti melansir Republika (20/3).

Lebih lanjut Herman mengatakan, kalau pun ada keinginan Presiden yang disampaikan dalam rapat konsultasi dengan institusi yang lain, atau dengan para pimpinan lembaga negara lain, maka yang harus dibicarakan bagaimana mengambil lahan dari penertiban. Disamping itu, pemerintah juga harus menggunakan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Karena dalam undang-undang itu, bisa dijadikan sebagai acuan untuk memberikan kepada siapa yang berhak menerima. “Salah satunya adalah kepada petani tanaman pangan yang luas lahannya saat ini masih di bawah dua hektar, bagi para perkebunan berskala kecil, bagi para peternak berskala kecil, terutama para petani yang tidak memiliki lahan,” ungkapnya.

Pemberian lahan kepada petani skala kecil, itu supaya perbandingan luas lahan terhadap lahan pertanian semakin ekonomis. Namun, pihaknya meminta agar pemerintah juga memerhatikan ketersediaan lahan yang tersisa saat ini. Mengingat luas lahan yang dimiliki saat ini terus berkurang, bahkan sekarang hanya tinggal 124 juta hektare.

loading...
loading...