Pemerintah Genjot Industri Pengembang Sektor Pertanian


Pertanianku — Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus menggenjot produktivitas dan daya saing industri pengembang sektor pertanian.

pengembang sektor pertanian
Google Image

Upaya ini sebagai implementasi program pemerintah yang tertuang di butir Nawa Cita. Salah satunya ialah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Kami aktif mendorong para pelaku industri termasuk industri kecil dan menengah (IKM) agar terus berkarya dan berinovasi dalam menghasilkan produk yang bernilai tambah tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sektor lainnya seperti pertanian,” ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dikutip dari Republika.co.id, Senin (20/11).

Menurutnya, sektor pertanian membutuhkan dukungan dari sektor industri. Dengan begitu, kegiatan pertanian akan lebih efektif dan efisien. Selain itu, kegiatan pertanian juga dapat dilakukan lebih intensif dengan hasil yang lebih besar. Dengan begitu, kesejahteraan petani pun bisa meningkat.

Airlangga mencontohkan CV Karya Hidup Sentosa selaku produsen alat dan mesin pertanian (alsintan). Pabrik ini telah mempunyai kemampuan manufaktur terintegrasi dan membuat komponen secara mandiri.

“Tidak banyak pabrik yang mempunyai kemampuan seperti ini. Apalagi yang dihasilkan adalah produk yang menunjang pascapanen di pertanian dan perkebunan,” katanya.

Airlangga mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pengembangan industri alsintan di Tanah Air. Ia menuturkan, hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo agar mengoptimalkan penciptaan lapangan kerja di daerah, terutama di desa.

“Untuk itu, kami mendukung upaya perusahaan ini yang telah menguasai teknologi dalam pengembangan kendaraan pedesaan,” tuturnya.

Berbagai produk alsintan yang telah mampu diproduksi dalam negeri antara lain pintu air, pompa air, traktor tangan, mesin pengolah tanah, mesin penebah atau panen. Selain itu, ada penyemprot tanaman, penyemprot bertekanan, pengabut gendong bermotor (mist blower). Ada juga pengering, perontok multiguna, pengupas gabah, pengayak (shifter), penyosoh (rice polisher), pemutih, penghancur jerami, pemotong rumput, serta Rice Milling Unit (RMU).

Baca Juga:  Jenis Sayuran Musim Kemarau yang Menguntungkan
loading...
loading...