Pemerintah Jamin Serap Produksi Pertanian dan Peternakan

Pertanianku – Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sepakat akan menyerap seluruh hasil produksi petani dan peternak. Hal ini untuk menjamin ketersediaan bahan pokok dan menjaga stabilitas harga di dalam negeri.

Pemerintah Jamin Serap Produksi Pertanian dan Peternakan

“Seluruh hasil produksi dalam negeri akan menjadi prioritas, dengan demikian dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak,” ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai bertemu dengan Menteri Pertanian sebagaimana dilansir dari Republika (9/8).

Loading...

Enggartiasto mengatakan, bahwa Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian memiliki visi yang sama dan sepakat bahwa berapa pun jumlah hasil produksi petani ataupun peternak akan tetap diserap oleh pemerintah. Pemerintah telah memberikan mandat kepada Bulog untuk membeli beberapa komoditas utama yang dihasilkan oleh petani.

“Nggak ada alasan nggak ada uang karena berapa pun yang dibutuhkan akan kita siapkan, dan dari cashflow-nya dari arus uang itu akan mencukupi dan nggak terlalu banyak,” papar Enggartiasto.

Menurut Enggartiasto, dengan diserapnya hasil produksi petani oleh pemerintah, ke depan tidak perlu ada kekhawatiran terhadap ketersediaan stok. Selain itu, pada masa panen berikutnya petani dinilai akan semangat untuk menanam sehingga produksi serta ketersediaan akan meningkat.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, upaya ini yakni untuk menjaga petani agar bisa produksi dengan baik dan mendapatkan harga yang layak. Hal tersebut juga menjadi upaya untuk menata rantai pasok dan menjaga kestabilan harga di tingkat konsumen.

“Ego sektoral harus dihilangkan karena tujuan kami satu, yakni rakyat sejahtera,” jelas Amran.

Baca Juga:  Program Grand Design Hortikultura Perluas Pasar Ekspor
Loading...
Loading...