Pemerintah Kabupaten Sambas Kenalkan Tiga Jeruk Lokal


Pertanianku — Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional 2017, Pemerintah Kabupaten Sambas memperkenalkan tiga jeruk lokal di sekitar area Car Free Day (CFD) kawasan Bundaran HI Jakarta.

tiga jeruk lokal
Google Image

Pada CFD Minggu (12/11) pagi ini, dibagikan 500 kg jeruk secara gratis. Ada tiga jenis jeruk Sambas yang dibagikan, yakni siam, madu, dan madu susu.

Perbedaan ketiga jeruk tersebut ada pada rasanya. Jeruk siam memiliki rasa manis dibanding jeruk madu dan madu susu.

“Jeruk siam rasanya paling manis, berbeda dengan jeruk madu dan madu susu. Kalau jeruk madu rasanya manis tapi ada sensasi masam. Jeruk madu susu pun manis seperti jeruk siam,” kata Kepala Dinas Pertanian, Musanif dikutip dari liputan6.com, Senin (13/11).

Selain itu, lanjut dia, kulit jeruk siam lebih tipis daripada dua jeruk lainnya. Ada tiga jenis ukuran, ukuran paling besar disebut AB, ukuran sedang disebut C, dan yang paling kecil disebut D.

“Biasanya ukuran D tidak dijual karena ukurannya kecil. Tapi semua ukuran itu sudah matang dan manis rasanya,” kata Musanif.

Namun demikian, ia menyayangkan kalau di luar Kalimantan Barat, jeruk andalan Sambas ini lebih dikenal dengan jeruk pontianak. Maka dari itu, bertepatan dengan HKN kali ini, pemerintah Sambas ingin mensosialisasikan jeruk lokal tersebut.

“Hari ini sekaligus kami mensosialisasikan jeruk siam, madu, dan madu susu ini agar lebih dikenal sebagai buah lokal Sambas,” kata Musanif.

Ia berharap, masyarakat yang kini konsumsi buahnya masih rendah mau menoleh untuk memilih buah lokal. Sebab, buah lokal seperti jeruk dari Sambas juga memiliki nutrisi yang hebat.

Umumnya, jeruk mengandung aneka nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya, kandungan vitamin C yang baik untuk kulit dan daya tahan tubuh. Ada juga kalium dan serat yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga:  Kementan Tanam Bawang Putih di Tiga Lokasi Secara Serempak
loading...
loading...