Pemerintah Siap Dorong Feedloter Buka Peternakan Sapi Guna Menekan Impor Sapi

Pertanianku – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, pemerintah mendorong agar para feedloter melakukan investasi jangka panjang dengan menjadi peternak atau breeding. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan impor sapi bakalan.

Pemerintah Siap Dorong Feedloter Buka Peternakan Sapi Guna Menekan Impor Sapi

“Mereka harus ada kompensasinya yakni menjadi peternak, setelah itu kita akan memberikan kuotanya,” ujar Enggartiasto, sebagaimana dilansir Republika (9/8).

Loading...

Menurut Enggartiasto, mekanisme investasi breeding tersebut yakni nantinya masing-masing feedloter akan mengajukan proposal roadmap yang berisi jumlah impor bibit dan lahan yang akan digunakan. Roadmap yang diajukan untuk jangka waktu lima tahun ke depan dan nantinya para peternak tersebut harus menjual hasil sapi bakalan kepada rakyat

“Dia (feedloter) harus melakukan itu, jadi itu wajib sifatnya. Peraturannya akan segera kita keluarkan tetapi kita minta proposal,” ungkap Enggartiasto.

Dengan keseimbangan jumlah bibit dan jumlah impor sapi bakalan, akan terwujud kemandirian pangan. Selain itu, hal tersebut juga dapat memotong rantai pasok sehingga kestabilan harga dapat terjaga.

Baca Juga:  Banyak Diminati, Ekspor Benih Kangkung Terus Meningkat
Loading...
Loading...