Pemerintah Siap Konversi Limbah Kelapa Sawit Jadi Listrik

0

Pertanianku – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuat suatu inovasi dengan memanfaatkan limbah sawit. Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, menerangkan limbah sawit yang berupa padat dan cair tersebut sangat efektif untuk menghasilkan energi listrik.

“Limbah yang padat atau solid bisa dijadikan sumber pasokan energi biomassa, malah sudah 1.700 Megawatt. Lalu limbah cair atau yang disebut pome mengandung metana yang 21 kali lebih jahat dari CO². Masih banyak yang dibakar, tapi ada juga yang dimanfaatkan untuk gas,” kata Rida, belum lama ini seperti mengutip Antaranews (15/3).

Ia melanjutkan saat ini di Indonesia memiliki sekitar 800 pabrik kelapa sawit (PKS) yang tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Jika satu PKS menghasilkan satu Megawatt listrik, keseluruhannya mampu memasok 800 Megawatt.

“Termasuk kami juga sudah membuat proyek percontohan yang membuat limbah sawit menjadi listrik untuk masyarakat setempat secara off grid (Tenaga Surya) tanpa melibatkan PLN,” ujar Rida.

Pemerintah, kata Rida sedang merancang program khusus pemanfaatan limbah pome menjadi listrik untuk masyarakat setempat. Program tersebut ditujukan kepada para pengusaha kelapa sawit.

Kementerian ESDM, jelas dia juga membicarakan konsep ini dengan PLN. Salah satunya soal kondisi pabrik kelapa sawit yang jauh dari PLN.

“Dan kami lagi menyusun bagaimana meng-clustering-nya, sehingga saat dikembangkan, teman-teman tidak hanya menjalankan kewajiban dari program mandatory, tetapi mendapatkan benefit secara finansial,” tutur Rida.

loading...
loading...