Pemerintah Targetkan 8,8 Juta Petani Mendapatkan Kartu Tani


Pertanianku – Terkait pembagian Kartu Tani yang akan dialokasikan untuk para petani di Indonesia, belum lama ini pemerintah menggelar rapat koordinasi untuk membahas perkembangan program Kartu Tani. Sampai saat ini, sebanyak 5,9 juta petani telah mendapatkan kartu tersebut.

Usai rapat, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan, pemerintah memiliki target membagikan Kartu Tani kepada 8,8 juta petani penerima subsidi pupuk yang sudah terverifikasi.

“Kami targetkan akhir tahun ini selesai,” terang Menteri kelahiran Maryland, Amerika Serikat, seperti dilansir dari Kompas (11/10).

Menurutnya, pembagian Kartu Tani akan melibatkan bank-bank BUMN, yaitu BRI, BNI, dan Bank Mandiri. Selain itu, penyaluran kartu tersebut juga menggandeng Kementerian Pertanian (Kementan).

Terkait skema penggunaan kartu tersebut, nantinya petani bisa memanfaatkan Kartu Tani untuk mengambil pupuk subsidi dari pemerintah. Petani hanya tinggal pergi ke kios-kios pupuk subsidi yang ditentukan pemerintah di setiap daerah.

Dengan adanya kartu tersebut, diharapkan penyaluran pupuk subsidi bisa lebih tepat sasaran. Sebab, di dalam Kartu Tani tersebut terdapat data-data petani yang berhak menerima pupuk subsidi.

“Nantinya perbankan BUMN juga akan memverifikasi petani pemegang Kartu Tani agar bisa mendapat KUR (Kredit Usaha Rakyat),” ucap Menteri berusia 59 tahun tersebut.

Baca Juga:  Buaya Muara Tertangkap di Halaman Rumah Warga
loading...
loading...