Pemilihan Lokasi Ideal Budi Daya Walet Dari Segi Perubahan Kawasan


Pertanianku -Perubahan kawasan secara tidak langsung akan memberikan dampak bagi populasi walet. Daerah yang dulunya merupakan sentra walet sekarang berubah menjadi kawasan industri. Akibatnya, secara perlahan tapi pasti, walet-walet akan pergi meninggalkan daerah tersebut dan akan mencari daerah lain untuk menetap. Kawasan yang semula subur berubah menjadi gersang dan yang semula tenang berubah menjadi bising.

Pemilihan Lokasi Ideal Budi Daya Walet Dari Segi Perubahan Kawasan

Udara yang bersih akan menjadi kotor akibat polusi asap pabrik. Suhu di sekitar pabrik menjadi panas pada siang dan malam hari. Sementara itu, limbah industri yang dibuang ke sungai akan membuat air sungai tercemar dan areal persawahan tidak lagi subur. Semua itu membawa dampak negatif bagi perkembangan populasi walet.

Dampak industrialisasi di beberapa lokasi sentra walet kini mulai dirasakan. Dibukanya kawasan industri atau daerahdaerah pemukiman baru menimbulkan masalah bagi populasi walet yang menghuni daerah tersebut. Makro habitat walet di sekitar lokasi sentra tidak sesuai dengan habitat yang diinginkan walet. Sebagai indikator, hasil panen sarang dari tahun ke tahun terus berkurang dan warna sarang berubah menjadi keabu-abuan. Pemilik gedung tidak bisa memaksakan kenaikan produktivitas walet di daerah yang makro habitatnya telah rusak. Contoh daerah yang rusak karena polusi udara yaitu Cilegon dan Gresik. Biasanya gedung walet di daerah tersebut dijual ke investor lain. Pembeli yang kurang berpengalaman akan terjebak pada kesalahan kalkulasi.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

 

loading...
loading...