Pemilihan Lokasi Vertikultur


Pertanianku – Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya taraf hidup masyarakat, kesadaran untuk mengonsumsi sayuran juga semakin meningkat. Hal ini karenamemang di dalam sayuran banyak terkandung gizi yang dapat memenuhikebutuhan nutrisi tubuh. Meningkatnyajumlah masyarakat yang hanya gemar memakan sayuran atau biasa disebutvegetarian membuat sayuran ikut menjadi salah satu kebutuhan utama. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin harga sayuran di pasaran menjadi mahal. Dengan demikian, tak adasalahnya bila saat ini mulai dipikirkan caranya menghasilkan sayuran sendiri.

Pemilihan Lokasi Vertikultur

Sebenarnya, bercocok tanam sayuran di pekarangan rumah tidak memerlukan lokasi khusus, yakni hanya perlu disesuaikan saja dengan tanaman yang akan ditanam. Di perkotaan sekarang ini, bercocok tanamsayuran sudah banyak dilakukan, terutama oleh ibu rumah tangga.

Tujuan utamanya adalah sekadar menyalurkan hobi atau mengisi waktu luang. Hasilnya kemudian dikonsumsi sendiri atau selebihnya dijual ke pasar atau pedagang sayur keliling. Walaupun tidak memerlukan lokasi khusus, sebelum menanam sebaiknya dipilih lokasi yang letaknya mendukung pertumbuhan tanaman sayuran, misalnya kecukupan sinar matahari, media yang subur dan gembur, serta estetika dari penanaman tanaman sayur itu sendiri agar memenuhi kebutuhan sehari-hari serta bisa menambah keasrian dan daya tarik pekarangan.

Baca Juga:  Rumput Laut Cokelat Penghasil Alginat Berpotensi Jadi Peluang Usaha
loading...
loading...