Pemprov Aceh Sarankan Donasi Dendeng untuk Korban Gempa Sulteng


Pertanianku — Pemerintah Provinsi Aceh mengeluarkan seruan agar tidak hanya berupa uang, pakaian dan lainnya, tapi juga donasi dendeng untuk korban gempa dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

donasi dendeng untuk korban gempa
Foto: Google Imag

“Untuk dendeng, sudah bisa diantar ke Kantor BPBA (Badan Penanggulangan Bencana Aceh) mulai hari ini (Minggu, 30/9),” kata Kepala Pelaksana BPBA, Teuku Ahmad Dadek.

Ia mengaku, pilihan Pemerintah Aceh dalam menyalurkan daging dendeng melalui Kantor BPBA, karena makanan tersebut lebih disukai mayoritas masyarakat Indonesia. Selain itu, menurutnya dendeng juga menjadi ciri khas sebagai lauk favorit di provinsi tersebut karena bernilai gizi tinggi, praktis, dan tahan lama untuk dikonsumsi.

“Dendeng ini sangat mudah diolah. Tak perlu bumbu, cuma digoreng saja, dan langsung bisa disantap bersama nasi atau makanan pengganti karbohidrat,” ungkap Dadek.

Pemerintah Aceh melalui BPBA dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh dalam dua hari terakhir telah melakukan penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah yang baru terkumpul sebesar Rp280,8 juta.

“Kami imbau agar masyarakat di Aceh untuk ikut menyumbangkan setengah kilogram dendeng per orang. Dendeng itu, sudah bisa diantar ke kami,” ujarya.

Sementara itu, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami yang melanda Donggala-Palu, Sulawesi Tengah mencapai 1.203 jiwa menurut data Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada Senin (1/10/2018).

“Korban meninggal 1.203 yang tersebar di beberapa titik, jumlah korban terbesar terdapat di Kelurahan Petobo yang rata oleh terjangan tsunami,” kata Vice President ACT Insan Nurrohman.

Baca Juga:  Peluang NTT untuk Kembangkan Peternakan Lahan Kering