Pemula Wajib Tahu: Tips Berbisnis Ikan Cupang

Pertanianku — Bila Anda sedang merintis usaha budidaya ikan cupang, Anda perlu tahu juga tips berbisnis ikan cupang. Di pasaran, harga ikan cupang sangatlah beragam. Penting bagi Anda untuk mengetahui harga jual dan cara penjualan yang tepat supaya mendapatkan keuntungan maksimal.

tips berbisnis ikan cupang
Foto: dok. Pertanianku

Untuk masuk ke dunia bisnis cupang, Anda tak perlu memulainya sebagai breeder atau pembudidaya. Langkah awal yang Anda dapat lakukan adalah cukup menjadi seller atau reseller terlebih dahulu.

Anda dapat mempromosikan ikan cupang tanpa membelinya. Tentu saja hal ini dilakukan dengan persetujuan breeder terlebih dahulu. Kemampuan menjual ikan ini sangat penting terutama bila Anda ingin menjadi pebisnis ikan cupang. Sebab, jika Anda berhasil mencetak banyak ikan, tetapi tidak bisa menjualnya, akan sama saja tidak menghasilkan keuntungan.


Loading...

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menentukan pangsa pasar Anda. Sejauh ini, ada dua cara yang digunakan oleh para pebisnis ikan cupang, yaitu berjualan secara langsung (offline) dan tidak langsung online melalui media sosial.

Berjualan secara langsung dilakukan dengan tiga cara berikut. Pertama, membuka toko atau kios di dekat tempat budidaya cupang. Biasanya, dua minggu pertama setelah toko ikan ini dibuka akan memancing pembeli dalam jumlah besar. Bila tidak dilakukan treatment khusus pada pembeli, satu bulan berikutnya toko ikan hias terancam tutup.

Keberadaan toko ikan hias bukan menjadi satu-satunya cara berjualan. Keuntungan memiliki toko langsung adalah meyakinkan pembeli sehingga pembeli dapat melihat langsung. Namun, toko ikan juga perlu ditunjang dengan cara penjualan lain agar hasilnya lebih maksimal.

Cara lain berjualan langsung adalah dengan menjajakannya secara keliling. Salah satu target pasar ikan cupang adalah anak-anak. Anda dapat menjajakannya di beberapa wilayah yang dekat dengan sekolahan. Selain itu, Anda dapat menitipkan ikan ini untuk dijualkan oleh orang atau toko ikan lain.

Baca Juga:  Jenis Ikan Hias yang Cocok Bagi Pemula

Terakhir, Anda dapat berjualan ikan cupang secara online. Yang perlu Anda lakukan adalah berbelanja ikan cupang dalam jumlah banyak. Kemudian, buat katalognya berupa foto-foto ikan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat membuatnya dalam bentuk video agar lebih menarik dan mengesankan pembeli. Sertakan hashtag agar orang lebih mudah menemukan ikan yang dijual.

Saat berjualan secara online, harga jual yang dipatok bisa 100—400 persen lebih tinggi daripada harga jual langsung. Jangan berjualan dengan harga rendah saat memasarkannya secara online. Sebaiknya, gunakan strategi promosi spesial hari khusus bila Anda ingin memberikan diskon.

Tips lainnya dapat Anda temukan di buku Cetak Cupang Kualitas Ekspor yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

Loading...
Loading...