Pemupukan Mangga yang Sesuai dengan Kondisi Tanaman

Pertanianku — Pemupukan merupakan bagian penting yang dapat menunjang keberhasilan bertanam. Tanpa pemupukan, mungkin mangga bisa tetap tumbuh dan berbuah, tetapi hasil yang akan didapatkan tidak maksimal. Pemupukan mangga harus dilakukan sesuai dengan kondisi tanaman, seperti saat berbunga atau ketika tanaman sudah lemah. Berikut ini pemupukan mangga yang menyesuaikan kondisi tanaman.

pemupukan mangga
foto: Pertanianku

Pupuk tahunan

Mangga yang berumur satu tahun diberikan pupuk campuran berupa 10 kg pupuk kandang, 2,5 kg tepung tulang, dan 5 kg abu pembakaran kayu. Dosis tersebut terus bertambah setiap tahunnya sebanyak 5 kg untuk pupuk kandang, 0,5 kg tepung tulang, dan 1 kg abu. Dengan begitu, saat tanaman berumur 9 tahun pupuk yang diperlukan sebanyak 50 kg pupuk kandang, 7,5 kg tepung tulang, dan 15 kg abu kayu per pohon.

Untuk mangga berumur satu tahun, pemupukan dilakukan dengan membuat parit sejauh 30—50 cm dari batang pohon mangga. Lebar parit sekitar 60 cm dan dalam 15 cm. Parit dibuat melingkari pohon. Pemberian pupuk tahun-tahun selanjutnya akan sama seperti ini, hanya saja jarak parit ditambah sekitar 15 cm.

Sebelum tanaman berbunga

Sebelum memasuki masa berbunga, tanaman perlu diberikan pupuk organik. Fase ini terjadi saat tanaman berumur 4—5 tahun. Pupuk diberikan dengan cara membuat parit selebar 25 cm mengelilingi pangkal batang, letakkan parit sejauh lebar tajuk daun. Selanjutnya, taburkan pupuk organik ke dalam parit, lalu campur dengan tanah menggunakan cangkul. Setelah tercampur merata, tutup parit dan siram dengan dengan air pupuk kandang atau kompos.

Saat tanaman sedang berbunga

Setelah empat minggu sejak pemupukan pertama, berikan pupuk kembali sebanyak 1.350 gram pupuk organik dengan cara dibenamkan ke dalam parit dan ditutup dengan tanah. Selanjutnya, lakukan penyiraman secukupnya.

Baca Juga:  Manfaat Penjarangan untuk Tanaman Jabon

Setelah panen buah

Tanaman yang sudah dipanen perlu segera diberi pupuk organik/kompos/kandang. Pemupukan dilakukan menjelang hujan. Jika tanahnya asam, berikan kapur untuk meningkatkan pH tanah.

Saat tanaman sudah berumur 15—25 tahun

Pada umur 15—25 tahun, tanaman sudah lemah atau tidak produktif. Anda perlu memberikan 100 kg pupuk kandang, 10 kg tepung tulang, dan 15 kg abu kayu untuk membuatnya menjadi produktif/berbuah.