Pemupukan Tanaman Mangga yang Tepat

Pertanianku — Tanaman mangga harus diberikan pupuk secara rutin untuk menunjang kesuburannya. Pupuk tersebut diberikan secara berkala sesuai dengan fase pertumbuhannya. Tentunya, pemupukan tanaman mangga harus dilakukan tepat dosis atau ukuran.

pemupukan tanaman mangga
foto: pixabay

Pemupukan tanaman mangga sudah dimulai sejak pengolahan lahan dan disebut sebagai pupuk dasar. Proses pemupukan tanaman mangga dilakukan kembali saat tanaman sudah berumur satu tahun. Pupuk yang diberikan adalah 10 kg pupuk kandang, 2,5 kg tepung tulang, dan 5 kg abu pembakaran kayu.

Setelah itu, setiap tahun tanaman diberikan pupuk yang sama dengan tambahan dosis 5 kg pupuk kandang, 0,5 kg tepung tulang, dan 1 kg abu pembakaran kayu. Saat tanaman berumur sembilan tahun, jumlah pupuk yang akan dibutuhkan sebanyak 50 kg pupuk kandang, 7,5 kg tepung tulang, dan 15 kg abu kayu per pohon.

Pada tahun pertama, pupuk diberikan pada parit yang dibuat melingkari pohon dengan jarak sejauh 30—50 cm, lebar parit sekitar 60 cm dan kedalaman 15 cm. Cara ini terus digunakan untuk memberikan pupuk setiap tahunnya, tetapi jarak antara parit dan batang utamanya ditambah sekitar 15 cm.

Campuran pupuk yang dimasukkan ke parit harus segera diaduk dengan cangkul hingga tercampur merata dengan tanah yang berada di bawahnya. Setelah itu, tutup parit dengan tanah.

Untuk tanaman mangga yang sudah berumur 10 tahun ke atas dapat diberikan pupuk kandang sebanyak 50 kg, 7,5 kg tepung tulang, 15 kg abu pembakaran kayu, dan ditambah 3 kg bungkil kelapa apabila tersedia.

Tanaman mangga yang sudah lemah atau tidak produktif (umur 15—25 tahun) dapat dibuat berbuah/produktif lagi dengan cara diberi pupuk. Pupuk yang diberikan di antaranya 100 kg pupuk kandang, 10 kg tepung tulang, dan 15 kg abu kayu.

Baca Juga:  Teknologi Adaptasi dan Mitigasi untuk Menghadapi Perubahan Iklim

Tanaman juga dapat diberikan pupuk campuran yang terdiri atas tepung darah dan tepung tulang. Setiap pohon diberikan 200 gram untuk tanaman berumur satu tahun dan 400 gram untuk tanaman berumur dua tahun.

Saat tanaman mangga sudah berumur 4—5 tahun, tanaman dianggap sudah dewasa dan dapat diberikan pupuk sebagai berikut.

Sebelum berbunga

Buat parit selebar 24 cm sejauh lebar tajuk daun. Taburkan pupuk organik ke dalam tanah dan aduk dengan cangkul. Tutup kembali parit tersebut dengan tanah, kemudian siram dengan air. Air yang digunakan bisa berupa air biasa atau air pupuk kandang.

Saat tanaman berbunga

Saat tanaman mangga sedang berbunga, berikan pupuk organik sebanyak 1.350 gram ketika tanaman berumur empat minggu dengan cara yang sama.

Setelah tanaman panen

Tanaman yang sudah panen diberikan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos. Lakukan pemupukan menjelang hujan atau setelah dipanen. Jika tanahnya asam, berikan kapur untuk meningkatkan kadar pH.