Penanaman dan Pemeliharaan Kebun Durian Unggul


Pertanianku – Untuk sukses memproduksi durian unggul, perlu dikuasai manajemen produksi yang tepat. Agar diperoleh produktivitas yang tinggi dan kualitas buah yang memenuhi standar dengan biaya yang dapat memberikan keuntungan maksimum.

Panen Durian 100 Buah per Pohon

Penanaman dan pemeliharaan merupakan seluruh kegiatan, sejak penanaman hingga tanaman mulai berbunga dan membentuk buah. Proses penanaman dan pemeliharaan durian unggul sebagai berikut.

  1. Penanaman. Penanaman perlu dilakukan pada awal musim hujan untuk memacu tumbuhnya cabang secara optimum. Hal yang penting dalam penanaman adalah lengkung pucuk diarahkan ke barat. Untuk menekan gulma, perlu penanaman naungan dan cover crop. Penanaman pada lahan yang luas dan terbuka, perlu disiapkan tanaman penahan angin.
  2. Pemeliharaan rutin, mencakup pemangkasan cabang air, perbaikan sirkulasi pada tajuk tanaman, monitoring organisme pengganggu tanaman, pembersihan gulma di sekeliling batang pohon, serta penyiraman bila diperlukan.
  3. Pemangkasan tajuk. Untuk mendapatkan produksi buah yang optimum, perlu pembuangan tunas-tunas negatif serta cabangcabang tersier yang hanya akan mengurangi pengisian buah. Pemangkasan tajuk juga penting untuk perbaikan sirkulasi udara dan mengurangi penyakit.
  4. Pemupukan. Pertumbuhan tanaman sangat membutuhkan pupuk yang sesuai jenis, jumlah, dan aplikasinya. Hal ini sangat berpengaruh pada vigor tanaman, produksi buah, dan kualitas buah.

 

Sumber: Buku Berkebun Durian Unggul

 

Baca Juga:  Satu Pohon Menghasilkan Aneka Jenis Buah, Bagaimana Bisa?
loading...
loading...