Penanaman dan Pemeliharaan Vertikultur

Pertanianku – Setiap tanaman sayuran memiliki kisaran waktu yang berbeda untuk siap dipindahkan ke wadah vertikultur. Kisarannya bisamencapai 10—20 hari setelah semai, tergantung jenisnya. Bibit yang akan dipindahkan sebaiknya  dipilih yang pertumbuhannya bagus, subur, dan memiliki batang kuat.

Menanam vertikultur_Lokasi_surip_040308 (38)

Proses pemindahan harus dilakukan secara hati-hati untuk menghindari kerusakan. Upayakan agar tanah yang ada di sekitar akar ikut terbawasupaya tanaman tidak stres. Penanaman pada sistem vertikultur menerapkan prinsip penghematan ruang yang penataannya dilakukan dalam wadah bertingkat. Oleh karena itu, urutan jenis tanaman yang ditanam harus disesuaikan dengan kebutuhan tanamannya, yakni dengan mempertimbangkan kebutuhan pencahayaan.

Loading...

Misalnya, cabai rawit dan bawang merah yang membutuhkan intensitas cahaya tinggi idealnya diletakkan pada tingkatan teratas. Sementara itu, tanaman tomat dan bayam yang membutuhkan intensitas cahaya sedikit dan memerlukan lebih banyak air idealnya ditempatkan pada tingkatan bawah.

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan penanaman dan pemeliharaan dengan teknik vertikultur.

– Siapkan wadah penanaman, kemudian isi dengan komposis media yang telah ditetapkan.

– Keluarkan bibit semai beserta medianya dari dalam wadahpenyemaian.

– Masukkan ke dalam wadah penanaman yang baru sampai  batas leher tanaman.

– Padatkan media di sekitar permukaan media, lalu susun tanamansesuai tingkatan berdasarkan kebutuhannya akan cahaya matahari.

– tanaman setiap hari. Jika terlihat ada hama, segera ambil dan matikan. Jika tanaman terserang penyakit, cabut tanaman dan buang medianya, kemudian ganti dengan media dan tanaman yang baru.

– Bila tanaman kurang subur, tambahkan pupuk kandang atau kompos yang telah matang.

– Lakukan penyiraman atau penyemprotan secara rutin menggunakan sprayer dengan frekuensi dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Baca Juga:  Perhatikan Ini Sebelum Mulai Hobi Berkebun
Loading...
Loading...