Penanganan Awal yang Harus Dilakukan pada Sapi yang Baru Datang di Peternakan

Pertanianku — Sapi yang akan diternakkan harus mendapatkan penanganan yang tepat. Penanganan yang baik berguna untuk mengurangi masalah yang dapat muncul selama masa pemeliharaan. Penanganan awal untuk sapi yang perlu dilakukan antara lain penandaan, sterilisasi dan pemberian obat, kalung, pengebirian, pemotongan tanduk, pengelompokan, serta pemberian alas.

penanganan awal sapi
foto: Pertanianku

Penandaan

Penandaan berfungsi membedakan sapi yang ada di peternakan tersebut berdasarkan bulan dan tahun kedatangan. Dengan begitu, peternak bisa mengetahui bulan dan tahun sapi masuk ke kandang. Namun, apabila Anda hanya memindahkan anak sapi karena lanjutan segmen sebelumnya, dari pembibitan ke pembesaran, Anda tidak perlu memberikan tanda kecuali tanda tersebut hilang, rusak, atau sulit dikenali lagi.

Sterilisasi dan pengobatan

Sapi yang baru datang perlu disterilkan terlebih dahulu, caranya dengan dipping atau spraying agar parasit pada tubuh sapi tidak ikut masuk ke kandang. Selama di perjalanan, sapi sebaiknya diberikan biosalamin untuk menjaga kebugaran tubuh sapi. Sapi juga perlu diberikan obat cacing melalui oral dengan spektrum yang lebih luas.

Kalung

Pemasangan kalung harus dilakukan pada sapi yang akan masuk ke kandang peternakan. Kalung tersebut berfungsi untuk memudahkan pekerja mengendalikan dan menangani sapi. Pemasangan kalung yang dilakukan saat sapi dewasa justru akan lebih sulit, bahkan Anda membutuhkan pembius.

Pengebirian

Pengebirian dilakukan pada sapi jantan yang akan digemukkan dalam kandang koloni atau sistem pasture fattening. Sementara itu, untuk jantan yang dipelihara di dalam kandang tunggal tidak memerlukan pengebirian. Pengebirian sebaiknya dilakukan sebelum sapi berumur 3 bulan.

Pemotongan tanduk

Pemontongan tanduk dilakukan pada sapi yang akan dipelihara di dalam kandang koloni.  Pemotongan berguna mencegah tanduk tersebut melukai sapi lain yang berada di dalam kandang. Pemotongan tanduk perlu dilakukan saat sapi belum dewasa atau sebelum berusia tiga bulan. Pasalnya, pemotongan tanduk sapi yang sudah dewasa akan berjalan lebih rumit.

Baca Juga:  Tips Mencegah Ayam Ngorok

Pengelompokan

Sapi yang dikandangkan secara berkoloni harus dikelompokkan sesuai dengan ukurannya. Hal ini bertujuan menghindari benturan atau persaingan dalam mendapatkan ruang gerak. Keseragaman tersebut bermanfaat untuk menentukan jumlah pakan yang dibutuhkan.

Pemberian alas

Pemberian alas bertujuan membuat sapi merasa lebih nyaman dan menjaga kulit sapi terhindar dari kerusakan dan dinginnya lantai. Alas yang digunakan dapat terbuat dari karet agar mudah dipasang dan dibersihkan.