Penanganan Hama dan Penyakit Tanaman Apel Budidaya

Pertanianku — Hama dan penyakit tanaman apel cukup banyak dan beragam. Penanganan dan perawatan yang tepat diperlukan agar budidaya apel tetap dapat berjalan dengan baik. Jika dilakukan dengan optimal, penanganan hama dan tanaman penyakit tanaman apel akan memberikan hasil panen yang optimal.

budidaya apel
foto: unsplash

Tanaman apel dikenal mudah terserang oleh berbagai jenis hama dan penyakit. Serangan utama biasanya akan muncul setelah daun dipangkas hingga tiga bulan berikutnya. Masa ini dikenal sebagai masa kritis bagi budidaya apel karena tanaman sangat rentan.

Contoh hama yang banyak menyerang tanaman apel adalah kutu daun, kutu sisik, tungau, thrips, dan ulat. Tanaman apel pun tidak lepas dari penyakit yang menyerangnya. Salah satu penyakit utama tanaman apel adalah embun tepung atau powdery mildew. Tanaman apel juga rentan terserang Marsonina coronaria hingga menyebabkan apple blotch disease.

Loading...

Penanganan hama dan penyakit ini dapat dilakukan dengan pemberian pestisida. Pestisida yang digunakan sebaiknya mengandung bahan-bahan ini agar lebih efektif yakni imidakloprid, abamectin, dicofol, piridaben, dan sipermetrin.

Abamectin dikenal dapat membasmi kutu daun, kutu sisik, dan thrips. Sementara itu, piridaben ampuh memberantas tungau dan sipermetrin digunakan untuk memusnahkan ulat.

Penyakit juga dapat dikendalikan dengan menggunakan bahan aktif seperti difenokonazo, propineb, mankozeb, dan lain-lain. Saat memberikannya ke tanaman apel, jangan lupa untuk memerhatikan dosis dan takaran. Dengan begitu, pemberian pestisida ini tidak mengganggu tumbuh kembang tanaman.

Hama dan penyakit tanaman apel yang ditangani dengan baik akan menghasilkan panen yang maksimal. Waktu panen buah apel ini berbeda-beda tiap jenis apelnya.

Apel rome beauty dipanen saat buah sudah berumur 120—140 hari. Berbeda dengan apel manalagi yang baru bisa dipanen ketika sudah berumur 115 hari. Apel ana memiliki waktu panen berjarak 100 hari sejak bunga mekar.

Baca Juga:  Simak 6 Fakta Ilmiah Buah Pepaya

Panen apel sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Cuaca cerah merupakan waktu yang tepat untuk memetik buah apel dari pohon. Buah yang sudah dipetik, kemudian dimasukkan ke keranjang yang sudah dilapisi karung plastik. Peletakan buah harus dilakukan dengan hati-hati agar dapat menekan angka kerusakan buah yang dipanen.

Loading...
Loading...