Penanganan Kambing Pasca melahirkan


Pertanianku – Ada hal penting lainnya yang perlu dilakukan peternak agar terjalin hubungan induk-anak secara maksimal. Tindakan induk yang membersihkan seluruh tubuh anak dengan menjilat merupakan cara paling efektif menciptakan hubungan induk-anak yang baik pada waktu selanjutnya. Hubungan ini dapat mempengaruhi ketersediaan/ akses air susu induk untuk anak yang baru dilahirkan. Seekor induk dapat menunjukkan penolakan terhadap anaknya apabila hubungan ini tidak terbentuk sejak awal.

Kambing bunting_Cijeruk_Hendi_250811 (128)

Anak sebaiknya dibaringkan di dekat hidung induk agar dapat dibersihkan oleh induk dengan cara dijilat sekujur tubuhnya. Apabila induk tetap menolak membersihkan tubuh anaknya, bersihkan seluruh tubuh dan bagian kepala serta hidung anak kambing dengan kain kering dan bersih agar dapat bernapas dengan lancar. Apabila anak tidak menunjukkan gerakan bernapas secara normal, lakukan bantuan dengan mencoba menempelkan jerami halus atau rumput kering ke dalam rongga hidung untuk merangsang anak bernapas. Selanjutnya, anak dapat diangkat dengan menarik kaki bagian belakang ke atas sambil meremas sekujur badan dengan lembut.

Setelah proses kelahiran berjalan dengan baik, tali pusar biasanya terputus sendiri saat induk berdiri. Namun, tali pusar dapat pula dibantu dengan cara dipotong peternak, tetapi jangan terlalu panjang karena dapat menyebabkan pendarahan. Oleh karena itu, pemotongan sebaiknya hanya sepanjang 5—7 cm menggunakan gunting bersih. Untuk mencegah infeksi, peternak dapat mengolesi tali pusar dengan larutan iodin/betadine.

Induk dan anak dapat ditempatkan pada kandang beranak portable (1 m x 1 m) selama seminggu atau induk dikelompokkanke dalam kandang beranak. Pengelompokan induk berdasarkan keseragaman bobot dan besaran anak. Besaran kelompok bervariasi dan tergantung skala usaha. Sebaiknya membentuk 10—15 induk per kelompok pada usaha yang intensif. Selanjutnya, induk diperiksa kelancaran produksi susunya dengan cara memeras saluran putingnya secara lembut. Selain itu, induk diberi air minum yang dicampur dengan konsentrat setelah melahirkan.

Baca Juga:  Fakta Baru! Lemak Susu Bisa Hindarkan Penyakit tak Menular

 

Sumber: Buku Bisnis Pembibitan Kambing

 

loading...
loading...