Penanganan Pascapanen Buah Durian yang Paling Tepat


Pertanianku — Buah durian yang juga dijuluki sebagai rajanya buah ini memang memiliki banyak penggemar. Oleh karena itu, keberadaannya akan sangat menguntungkan para petani durian. Namun, ketika masa panen, penanganan pascapanen buah durian perlu dilakukan secara maksimal agar keuntungan yang didapat pun maksimal pula. Berikut ini langkah-langkahnya.

penanganan pascapanen buah durian
Foto: Dok. Pertanianku

Pengumpulan

Kegiatan pengumpulan dilakukan dengan memberikan pelabelan khusus pada setiap tangkai durian atau dicat menggunakan warna yang telah ditentukan sebagai penunjuk kebun asal durian.

Penyortiran dan penggolongan

Hasil panen dikumpulkan, diseleksi dan dipilah-pilah berdasarkan ukuran. Seleksi perlu dilakukan yang bertujuan agar tidak ada buah durian cacat yang ikut terkirim. Terlebih lagi, jika buah durian ini tadinya akan diperjualbelikan ataupun diekspor.

Penyimpanan

Durian yang sudah terpilih dicuci dan disemprot dengan air agar kotoran yang tadinya  menempel pada kulit durian sehingga menjadi bersih. Setelah itu, buah durian tadi dicelupkan pada air yang sebelumnya telah diberikan sejenis fungisida tipe Aliette 800 WP yang bahan aktifnya Aluminium tris (Oethy/phosphonate) 22 cc/liter.

Tujuan dilakukannya kegiatan pencelupan ini adalah menghindari serangan-serangan busuk buah yang disebabkan oleh aktivitas jamur Phytophtora sp selama pemeraman dan transportasi. Lalu, buah dikeringkan dengan cara dianginkan. Durian beserta peti-petinya kemudian dimasukkan ke gudang yang memiliki penerangan cukup.

Pengemasan dan pengangkutan

Setelah buah kering, buah dibungkus dengan kantong yang terbuat dari plastic, lalu diikat dengan tali rafia. Untuk setiap kantung plastik, nantinya akan berisi satu buah durian. Buah yang sudah dibungkus kantung plastik, dibungkus lagi dengan kantung kertas semen. Setelah itu, durian dimasukkan ke kotak karton dengan ketebalan lebih kurang 3 mm.

Setiap bungkus berisi 5—6 butir durian dan sehingga setiap kotak karton tadi nantinya berisi sebanyak 10—15 kg durian. Kotak ini dilekat dengan lakban (perekat plastik) tebal yang tidak mudah sobek jika terkena atau terjadi gesekan.

Baca Juga:  Penting! Perhatikan Hal Ini Saat Menanam Cabai di Musim Hujan