Penanganan yang Tepat pada Kambing yang Melahirkan


Pertanianku – Proses melahirkan biasanya tidak lebih dari 1/2 jam. Jika ada kelahiran lebih dari satu, selang melahirkan antara anak biasanya sekitar 15 menit. Setelah anak terakhir dilahirkan, kantong plasenta muncul dan lepas dalam 4—5 jam.

Kambing bunting_Cijeruk_Hendi_250811 (128)

Umumnya seekor induk tidak membutuhkan pertolongan pada saat melahirkan, kecuali kasus tertentu, misalnya posisi anak yang tidak normal. Jika diperlukan bantuan, hal penting yang perlu diingat adalah penarikan dilakukan secara perlahan dan bersamaan dengan saat merejan/kontraksi, tidak saat induk berhenti merejan.

Posisi anak yang normal selama proses kelahiran adalah kepala terletak di atas dan di antara kedua kaki depan yang menjulur keluardari vulva. Kedua kaki juga mengarah ke bawah. Apabila posisi hidung di atas jari kaki anak mulai terlihat keluar, proses kelahiran akan berjalan normal dan dibutuhkan waktu kurang dari satu jam sejak induk merejan/kontraksi pertama kali. Jika yang terlihat keluar hanya bagian hidung saja dan tidak terlihat jari kaki atau hanya terlihat jari kaki saja dan hidung tidak terlihat, kondisi tersebut diperlukan bantuan untuk mengeluarkannya. Sebelum melakukan tindakan, seluruh bagian tangan terlebih dahulu dibersihkan dengan desinfektan, lalu dilumuri dengan lubrikan/pelicin (jeli). Perbaikan posisi anak dilakukan secara perlahan menggunakan jari saat induk dalam status istirahat (tidak kontraksi). Setelah posisi normal, anak ditarik secara perlahan ke arah bawah mengikuti arah kaki induk.

 

Sumber: Buku Bisnis Pembibitan Kambing