Pencinta Anggur Wajib Tau Soal ini


Pertanianku – Anggur berasal dari Afghanistan hingga Laut Hitam dan Laut Kaspian. Dari sana, buah ini meluas ke Mediterania, Eropa Barat, India, Cina, dan Jepang. Kini, anggur bisa ditanam hampir di seluruh dunia. Ada tiga spesies yang dikenal, yaitu european grapes (Vitis vinifera), north american grapes (Vitis labrusca dan Vitis rotundifolia), dan french hybrids.

anggur

Anggur mengandung zat-zat yang berkhasiat bagi tubuh. Di antaranya, antosianin resveratrol (polifenol golongan stilbenoid), proanthocyanidins (condensed tanin), asam tartarat, asam malat, pektin, tanin, flavon glikosida. Menurut para ahli kesehatan, semakin gelap warna kulit buah, semakin tinggi kandungan flavonoidnya.

Inilah beberapa hal mengenai anggur yang perlu Anda ketahui :

*Bila Anda menderita batu ginjal kalsium oksalat, hindari atau kurangi mengonsumsi anggur jenis concord. Karena jenis ini mengandung kadar oksalat tinggi.

* Anggur merah sangat baik untuk penderita penyakit jantung. Hal ini karena tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika penderita mengonsumsi anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menyumbat pembuluh darah.

* Anggur hitam terkenal mengandung serat dan antioksidan tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber energi dan mencegah radikal bebas dari polusi udara. Selain itu, manfaat anggur hitam yakni dapat mencegah penuaan dini.

* Bagi yang sering mengalami migrain, yakni penyakit yang sering menyerang pada salah satu bagian kepala (sakit kepala sebelah), cobalah meminum jus anggur tanpa tambahan air alias jus murni setiap pagi hari.

* Pengobatan diare dapat dilakukan dengan cara meminum seduhan daun anggur dan air panas. Seduhan daun anggur juga bermanfaat untuk mengurangi keluarnya darah haid yang banyak, perdaharan rahim, bengkak (edema), kencing dengan rasa nyeri (disuria), dan bisul. Manfaat lainnya, seduhan daun anggur berkhasiat antiradang, juga bisa digunakan berkumur dan menyembuhkan sariawan, radang mata, radang gusi, sakit tenggorokan, serta untuk mengatasi keputihan.

Baca Juga:  Sejuta Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

 

 

loading...
loading...