Pencinta Apel Wajib Tau Soal ini


Pertanianku – Apel mengandung zat-zat berkhasiat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya ellagic acid, chlorogenic acid, caffeic acid, tannic acid, flavonoid terutama quercetin (golongan flafonol), catechin, dan epicatechin (golongan proanthocyanidin). Ada pula kandungan vitamin C, pektin, kalium, dan zink. Sebagian besar nutrisi penting tersebut terdapat di lapisan bawah kulit buah.

buah-apel

Inilah beberapa hal mengenai apel yang perlu Anda ketahui :

*Hindari menelan biji apel karena mengandung racun sianida.

* Hindari mengonsumsi produk apel kering yang mengandung sulfur dioksida atau sulfite.

* Masker apel hijau ditambah anggur, lemon, atau lidah buaya dapat menambah kelembapan kulit serta mengurangi kerutan.

* Konsumsi sebuah apel setiap hari dapat membuat awet muda dan memperlancar buang air besar. Konsumsi 2—3 buah setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol, detoksifikasi racun tubuh, mencegah arthritis, gout, dan rematik. Buah dapat dimakan mentah atau dibuat jus.

* Untuk pengobatan diare akut, ambil sebuah apel masak, lalu potong tipis. Biarkan potongan buah di ruangan terbuka selama beberapa jam sampai warnanya berubah kecokelatan. Setelah itu, potonganpotongan itu dimakan. Kandungan pektin dalam buah apel yang teroksidasi (menjadi kecokelatan) mempunyai khasiat yang sama dengan obat diare kaolin pektat.

* Jus asam apel dipercaya bisa menghilangkan bakteri yang menghasilkan ketombe. Caranya, pijat kulit kepala dengan jus asam apel, lalu biarkan selama semenit. Setelah itu cuci sampai bersih.

* Campurkan apel dengan setengah mentega atau minyak dalam pembuatan kue. Saus apel bebas lemak dan kolesterol. Kandungannya hampir sama dengan secangkir beras merah. Dengan rutin mengonsumsinya, pinggang Anda berangsurangsur langsing.

* Apel bisa digunakan sebagai media untuk membersihkan dan menyegarkan mulut. Hal ini karena apel mengandung tanin, zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Baca Juga:  Alpukat dan Almond Bisa Cerdaskan Otak Manusia
loading...
loading...