Pencinta Durian, Ini Jurus Berburu Durian Maknyus

Pertanianku — Percayakah Anda, ada pencinta durian yang sampai berburu durian pinggir jalan hingga ke hutan. Para pencinta durian tersebut mencari buah durian dengan sensasi rasa durian yang unik. Untuk Anda yang sudah jatuh hati dengan rasa buah ini tetapi belum paham harus mencari kemana durian dengan rasa yang maknyus, simak beberapa jurus berburu durian seperti dilansir dari buku Durian.

buah durian
foto: pertanianku

Durian pinggir jalan

Jurus pertama untuk mencari durian adalah membeli di pinggir jalan. Harga beli yang murah dari produsen durian dan harga jual yang mahal di daerah perkotaan membuat pedagang ini mampu bertahan dari tahun ke tahun. Sayangnya, tidak semua durian yang dijajakan berkualitas bagus. Terkadang, ada juga pedagang nakal yang mengelabui pembeli.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jurus mencari durian pinggir jalan yang tepat. Biasanya, buah durian yang enak berbentuk bulat, bagian ujung buah tidak merekah, ujung tangkai buah telah lepas secara alami, tangkai buah pendek dan berdiameter tebal, bagian ujung buah mengeluarkan aroma harum saat dicium, buah berbunyi ‘bluk… bluk…’ saat diketuk pakai ujung pisau, serta berduri lebar dan jarang.

Durian Bang Ucok

Durian Bang Ucok berlokasi di Jalan Iskandar Muda, Sumatera Utara. Lokasi ini menjadi tempat favorit pencinta durian dan buka sepanjang tahun. Bang Ucok tidak menjual nama varietas durian, semua durian yang dijual di lokasi ini diberi nama generik, yakni durian medan.

Kedai durian jatuhan Haji Arif

Kedai yang dibuka musiman ini sudah memiliki banyak penggemar. Kedai durian ini berada di Jalan Raya Serang, Pandeglang. Durian yang dijajakan di kedai ini merupakan durian berkualitas asal Banten. Saat musim durian, banyak mobil dari luar Serang yang sengaja datang untuk menikmati durian unggulan Banten.

Baca Juga:  Upaya Kementan Mengendalikan AMR, Ancaman Berbahaya untuk Pertanian dan Peternakan

Warso Farm

Untuk warga Jabodetabek, Anda bisa mengunjungi Warso Farm yang berlokasi di Desa Cihideung, Cijeruk, Kabupaten Bogor. Selain wisata kuliner berburu durian, lokasi ini juga menyajikan areal agrowisata yang ramai dikunjungi masyarakat.

Bao Sheng Farm

Bao Sheng Farm terletak di Penang, Malaysia. Farm ini sudah berdiri sejak 1959 dan menjual beberapa varietas durian unggul yang sudah terkenal.

Eksplor ke hutan

Tingginya popularitas durian unggul disebabkan oleh pemburu durian yang masuk ke hutan-hutan. Pemburu ini mencari durian yang unik, kemudian akan diperkenalkan kepada khalayak ramai. Beberapa kisah pemburu durian dibahas dalam buku Durian.

Masih banyak informasi menarik tentang durian yang dibahas oleh buku Durian. Mulai dari varietas unggul, kontes durian, agribisnis durian, budidaya durian, hingga fakta unik durian. Anda bisa mendapatkan buku ini dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.