Pencinta Durian Wajib Tahu 5 Fakta Unik Buah Durian

Pertanianku — Siapa yang tidak tahu durian, buah yang memiliki banyak penggemar karena rasa serta aromanya yang lezat. Buah durian sangat terkenal di Asia, khususnya Asia Tenggara. Bahkan, ada banyak kompetisi durian yang diselenggarakan untuk mencari durian terenak. Sebagai pencinta durian, Anda harus tahu lima fakta menarik buah durian yang super lezat, simak ulasannya berikut.

fakta menark buah durian
foto: Pertanianku

Durian tak berduri

Yang namanya durian pasti identik dengan duri yang menutupi seluruh permukaan. Namun, ternyata ada jenis durian yang sama sekali tidak berduri. Jenis durian tersebut berasal dari Indonesia dan disebut si gundul. Meskipun tidak berduri, rasa durian ini tetap tidak kalah lezat dari jenis durian yang berduri. Rasanya manis dan agak sedikit pahit.

Buah kontroversi

Buah durian merupakan satu-satunya buah yang cukup kontroversial. Selain banyak penggemarnya, buah ini juga banyak pembencinya. Hal ini disebabkan oleh aroma serta rasa yang menyengat. Kondisi tersebut menyebabkan buah ini sering dilarang dibawa di tempat umum, seperti transportasi publik, stasiun, ataupun bandara. Pelarangan tersebut bertujuan menciptakan kondisi yang nyaman bagi orang yang tidak menyukai buah durian.

Tempat khusus makan durian

Salah satu negara yang masyarakatnya sangat menyukai durian adalah Thailand. Namun, di negara tersebut ada aturan pelarangan makan durian di hotel. Pencinta durian tetap bisa menikmati durian di hotel karena pihak hotel menyediakan area khusus durian. Area tersebut biasanya berada di hotel-hotel bintang 4. Wow, mungkin ini belum pernah ditemukan di Indonesia.

Durian peningkat gairah lelaki

Durian dikenal mampu meningkatkan gairah lelaki. Di Malaysia sering terdengar kalimat ‘ketika durian mulai turun (musim) maka sarung mulai naik’. Cara untuk mengurangi ‘efek panas’ yang ditimbulkan setelah makan durian adalah dengan mengonsumsi penetralisir, yaitu buah manggis.

Baca Juga:  Lokasi yang Sesuai untuk Menanam Lengkeng Matalada

Mengurangi bau durian ketika bersendawa

Mungkin fakta unik ini sudah banyak yang tahu, bahwa kulit durian berguna untuk mengurangi bau durian yang biasanya keluar ketika sedang bersendawa. Durian dapat menimbulkan panas di dalam lambung yang mendesak udara panas keluar. Saat bersendawa, aroma durian bisa langsung tercium. Untuk menghilangkan bau tersebut, gunakan cangkang kulit durian dan isi dengan air. Minum air tersebut sebagai penetralisir bau durian