Penduduk Terus Meningkat, Produktivitas Pertanian Harus Dijaga


Pertanianku – Indonesia perlu meningkatkan pemanfaatan teknologi guna mendorong produktivitas pertanian. “Di mana kunci produktivitas ialah teknologi. Di mana kunci teknologi ialah pendidikan. Karena itulah maka selalu pangan itu dibarengi dengan teknologi yang baik,” ujar Jusuf Kalla sebagaimana dilansir liputan6 (21/4).

Penduduk Terus Meningkat, Produktivitas Pertanian Harus Dijaga

keberhasilan produksi pangan tergantung sejumlah hal antara lain benih, pengairan, pupuk, metode pertanian, dan kemampuan masyarakat dalam mengolah lahan. Menurut dia, semakin tinggi populasi penduduk maka akan semakin berkurang luas lahan sawah untuk pertanian. “Akibat bertambah penduduk maka bertambah rumah, industri, dan jalan serta kebutuhan akan lahan. Oleh karena itu yang harus dijaga adalah produktivitas,” ungkap JK.

Untuk meningkatkan produktivitas pertanian akibat keterbatasan lahan, pemerintah bersama pelaku usaha perlu melakukan pemanfaatan teknologi serta menyediakan peralatan yang efisien. Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan untuk menjaga keseimbangan harga dan pasokan komoditas beras untuk mengelola kepentingan umum.

Indonesia mampu mengimpor gandum 7 juta ton per tahun yang hal terus diharapkan untuk upaya penyeimbangan konsumsi beras. Diharapkan produktivitas pertanian dalam negeri dapat ditingkatkan, sehingga dapat mengurangi impor beras.

Baca Juga:  Yuk, Konsumsi Jamur Saat Sarapan! Ini Manfaatnya
loading...
loading...