Peneliti Temukan Obat Diabetes pada Ikan Gabus

Pertanianku – Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin, karena kerusakan autoimun pada sel beta di pankreas. Di Indonesia sendiri, penyakit ini menduduki peringkat ke-6 yang dapat menyebabkan kematian. Pasalnya, tak sedikit pasien yang tidak mampu membayar biaya pengobatan yang tergolong mahal. Namun, peneliti biologi Institut Teknologi sepuluh November Surabaya (ITS) sudah menemukan obat yang murah bagi penderita diabetes.

Peneliti Temukan Obat Diabetes pada Ikan Gabus

Salah satu dari dua peneliti, Dr Dewi Hidayati, dari Jurusan Biologi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, mengatakan, dari hasil penelitian ini diketahui ekstrak ikan gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak. Kerusakan jaringan pankreas, Dewi mengataan, dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik (kadar gula berlebih dalam darah).

Loading...

“Kerusakan jaringan pankreas dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik (kadar gula berlebih dalam darah),” jelas Dewi, dikutip dari detikcom. Lebih lanjut Ketua Jurusan Biologi ITS ini mengatakan, selama ini penyakit diabetes kerap dihubungkan dengan penyakit impotensi yang banyak menyerang pria dewasa. Berdasarkan hal tersebut pula, Dewi melakukan pengujian terhadap penyakit tersebut pada hewan uji.

“Kebanyakan penderita diabetes pria akan disertai dengan penyakit impotensi,” ungkapnya. Setelah itu, baik jaringan testis maupun pankreas hewan uji diamati. Tak lama kemudian terlihat ekstrak ikan gabus mampu meregenerasi jaringan pulau Langerhans pankreas yang sebelumnya rusak akibat pemberian senyawa aloksan.

“Sebesar 69,78% jaringan pankreas dapat kembali normal,” tutur Dewi. Dalam penelitian ini juga didapatkan hasil berupa penurunan Malondialdehyde (MDA) yang menunjukkan adanya stres oksidatif akibat adanya radikal bebas yang dikandung senyawa aloksan. Hal tersebut, lanjut dia, menunjukan ekstrak ikan gabus dapat digunakan sebagai antioksidan efektif bagi penderita diabetes.

Baca Juga:  Jenis Kolam yang Bagus untuk Budidaya Lele

 

Loading...
Loading...