Penempatan Kandang Ayam Kampung Yang Baik

Pertanianku – Kandang ditempatkan membujur dari utara ke selatan sehingga sisi kanan dan kiri kandang mengarah ke matahari terbit dan terbenam sehingga sinar matahari pagi dan sore dapat masuk ke dalam kandang. Selain itu, hembusan angin juga dengan bebas dapat masuk ke dalamnya sehingga kelembapan kandang yang sering menjadi masalah di daerah tropis seperti Indonesia dapat diatasi. Indonesia sebagai negara yang berada di khatulistiwa dengan ciri udara panas, tetapi lembap. Kelembapan dapat mencapai 90% bahkan lebih di musim hujan. Keadaan tersebut yang menyebabkan ayam kampung sering terserang snot atau pilek ayam, berak darah atau berak kapur.

Penempatan Kandang Ayam

Kelembapan semakin bertambah tinggi apabila sinar matahari tidak masuk ke dalam kandang. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai kutu atau parasit lainnya berkembang biak di kandang. Oleh karena itu, sinar matahari pagi dan sore hari harus masuk ke dalam kandang.

Bagian memanjang kandang sebaiknya menghadap ke sinar matahari pagi dan sore hari agar masalah kelembapan kandang terutama di musim hujan dapat teratasi. Arah dan susunan kelompok kandang dengan sisi melebar ditempatkan saling berhadapan dan dihubungkan dengan jalan. Apabila ada lima kelompok, empat kelompok dapat saling berhadapan dan satu lagi tepat di ujung jalan penghubung.

Prinsip tersebut lebih dikenal dengan prinsip sirip daun dengan harapan memudahkan kerja dan pengawasan. Hal yang terpenting dalam penataan adalah kemudahan pengawasan seluruh kelompok dalam sekali pandang dan kemudahan pekerja dalam memasok segala kebutuhan. Dengan demikian, pekerja tidak terlalu lelah dan memungkinkan pencegahan penyebaran penyakit.

 

Sumber: Buku Beternak Ayam Kampung

 

Baca Juga:  Keong Mas, Sumber Protein Ternak yang Mudah Didapatkan

loading...