Penemuan Ikan Raksasa Arapaima di Sungai Brantas Hebohkan Warga


Pertanianku — Warga Dusun Pajaran Selatan, Desa Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik, Sidoarjo, dihebohkan penemuan sebuah ikan besar jenis arapaima gigas di aliran Sungai Brantas, Jawa Timur. Ikan raksasa arapaima tersebut didapat setelah tersangkut kail warga setempat yang sedang memancing.

Ikan raksasa arapaima
Foto: Google Image

Setelah ditangkap, ikan arapaima besar itu kemudian langsung diamankan ke salah satu rumah warga. Di sana, ikan tersebut diletakkan di sebuah kolam besar yang dilapisi terpal.

Adanya peristiwa ini membuat warga di sana penasaran dan langsung menuju tempat ikan “raksasa” diletakkan. Menurut penjelasan warga, ikan arapaima yang habitat aslinya di Sungai Amazon di Benua Amerika ini memiliki panjang hingga 157 sentimeter dan berat 30 kilogram.

Sementara itu, sebelumnya sempat beredar video viral yang menyatakan seseorang melepaskan 18 ikan arapaima ke Sungai Brantas. Ikan tersebut diketahui berukuran 1,5 meter dengan berat sekira 25 kilogram.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Jawa Timur Dodit Ariguntoro mengatakan, pada hari ini, Selasa (26/6/2018), sudah menemukan lebih dari tiga ekor ikan Arapaima gigas di Sungai Brantas.

“Tadi pagi kita meluncur dari Surabaya dan bergabung dengan teman-teman dari Ecoton. Hari ini sudah ketemu tiga. Lebih dari 7 totalnya yang sudah ditemukan,” kata Dodit seperti dilansir detikcom.

Ia menuturkan, pihak BKSDA Jatim bekerja sama dengan kepala desa setempat untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat. Dikatakannya bahwa ikan tersebut aman dikonsumsi masyarakat sebagaimana seperti di negara asalnya.

“Ikan arapaima gigas secara ekologis jenis ikan predator dan ditakutkan mengancam jenis ikan asli Indonesia. Kebanyakan warga tidak sadar apa yang harus dilakukan, apalagi mereka juga tahu ikan ini akan mengancam pendapatan mereka,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Dia Nutrisi Penting untuk Ikan yang Perlu Diperhatikan