Pengadaan Sarana Kolam untuk Bisnis Perikanan

Pertanianku -Pengadaan sarana kolam atau tambak sangat penting karena dapat membantu keberhasilan budi daya yang dilakukan. Sarana fisik kolam untuk budi daya pembesaran, di antaranya adalah sebagai berikut.

Pengadaan Sarana Kolam

1) Saringan saluran air. Digunakan agar kolam atau tambak bebas dari hama dan kotoran yang masuk dari saluran pemasukan air. Mata saringan diusahakan tidak terlalu kecil atau besar, seperti bahan untuk kolam hapa.

2) Naungan (shelter). Khusus untuk udang galah dan lobster air tawar, shelter terbuat dari bambu, pipa paralon, atau daun kelapa yang kering. Kebutuhan naungan 50—60% dari luas kolam. Cara penempatan ditata di dasar kolam secara merata. Kegunaannya sebagai tempat berlindung ikan atau udang pada waktu terik sinar matahari dan waktu moulting untuk jenis udang.

3) Sarang atau kakaban. Merupakan tempat penempelan telur pada kegiatan usaha pembenihan.

a) Sarang buatan. Biasanya sarang dibuat dari kerangka bambu pada satu sisi ruas bambu atau disebut sosog. Sisi ruas bambu yang lainnya digunakan sebagai penopang atau penyangga sarang dengan pematang kolam. Sarang diletakkan agak jauh dari pematang. Mulut sarang dipasang menghadap ke arah samping. Penempatan sarang dengan kedalaman sekitar 20—30 cm dari permukaan air. Sarang biasanya untuk penempelan telu ikan gurami.

b) Kakaban dibuat dari ijuk yang diapit atau dijepit bilah bambu yang diletakkan di dasar perairan atau di bawah permukaan air. Kakaban digunakan untuk menempelkan telur ikan lele dan karper.

4) Sechi disk. Digunakan sebagai pengukur tingkat kecerahan perairan.

5) Water test kit. Digunakan sebagai pengukur kualitas air, seperti alat pengukur suhu, pH, amoniak, hidrogen sulfida, dan CO2.

6) Pompa air. Berfungsi untuk membantu pemasukan atau pembuangan air apabila secara gravitasi kurang memungkinkan atau untuk mempercepat aliran air.

Baca Juga:  Manfaat Probiotik untuk Ikan

7) Blower atau aerator. Berfungsi untuk menyuplai oksigen ke perairan pada kegiatan pembenihan atau pendederan.

8) Water heater atau lampu pemanas. Berfungsi untuk menstabilkan atau menghangatkan suhu air pada usaha pembenihan atau pendederan.

 

Sumber: Buku Bisnis ikan konsumsi di lahan sempit

 

 


loading...