Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Pertumbuhan Jamur


Pertanianku – Faktor lingkungan sangat berperan dalam pertumbuhan jamur, seperti oksigen, air (kelembapan), suhu, pH, dan cahaya. Pertumbuhan jamur tidak akan baik jika salah satu faktor lingkungan tersebut tidak terpenuhi.

Faktor Lingkungan Pertumbuhan Jamur

  1. Oksigen

Hampir semua fungi memerlukan oksigen untuk hidupnya (aerob). Namun, ada pula fungi yang mampu hidup dalam kondisi kekurangan oksigen atau dengan kadar karbondioksida tinggi.

  1. Air

Jamur memerlukan air bebas untuk tumbuh dan berkembang di dalam atau pada permukaan substrat. Namun, fungi perusak benih mampu hidup pada benih berkadar air 13,2% yang di dalamnya sudah tidak terdapat air bebas lagi.

  1. Suhu

Sebagian besar fungi, termasuk jamur, bersifat mesofili. Artinya, jamur tumbuh pada kisaran suhu 10—40o C dengan pertumbuhan optimum pada kisaran suhu 25—35o C.

  1. Derajat Kemasaman (pH)

Secara umum fungi, termasuk jamur, menghendaki medium dengan pH sekitar 6. Namun, ada beberapa jamur yang juga lebih menyukai kondisi media masam.

  1. Cahaya

Cahaya tidak terlampau diperlukan untuk pertumbuhan fungi secara keseluruhan. Namun, cahaya menjadi sangat penting dalam pembentukan tubuh buah atau pembentukan spora atau pelepasan spora untuk fungi yang bersifat fototropisme positif.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Jamur

Baca Juga:  Ekspor Perkebunan Meningkat Pesat Hingga 26,5 Persen