Pengecekan Peralatan Kandang dan Perbaikan Kandang Broiler


Tipe Kandang Ayam Broiler

Pertanianku – Sebelum dipakai, pastikan kandang dalam kondisi yang ideal untuk proses pemeliharaan. Bebarapa hal yang perlu dicek sebagai berikut.

a) Kekuatan kandang. Pastikan kandang kokoh dan mampu menahan beban ayam selama pemeliharaan. Jika terlihat rapuh, kandang segera diperbaiki agar tidak roboh saat proses pemeliharaan.

b) Kekuatan dan keutuhan tirai kandang. Pastikan tirai kandang, baik tirai luar maupun tirai dalam, masih layak untuk digunakan. Dengan demikian, tirai mampu berperan sebagaimana fungsinya, yaitu mengatur sirkulasi udara, membantu menciptakan suhu ideal, dan menjaga kelembapan kandang. Jika bolong atau rusak, tirai segera ditambal atau diganti.

c) Atap kandang. Pastikan kandang tidak bocor. Jika terlihat ada yang bocor, segera perbaiki atap untuk menghindari air hujan masuk ke dalam kandang.

d) Dinding dan lantai slat. Pastikan dinding kandang dalam kondisi baik sehingga mampu mencegah hewan liar masuk ke dalam kandang. Lantai slat kandang harus kuat sehingga ayam atau pekerja tidak mudah terperosok di lantai kandang.

e) Drainase. Pastikan drainase dibuat dengan baik agar air terbuang lancar dan tidak ada genangan air di sekitar kandang.

f ) Peralatan. Pastikan semua peralatan yang dibutuhkan tersedia dan berfungsi normal.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam Broiler

 

Baca Juga:  Besarnya Peluang Usaha Ayam Kampung Joper
loading...
loading...