Pengemasan dan Penyimpanan Biskuit Pakan


Pertanianku – Pengemasan atau pengepakan pakan buatan merupakan tahap akhir dari proses pembuatan pakan sebelum didistribusikan kepada konsumen. Proses pengemasan yang benar akan sangat menentukan daya simpan pakan buatan. Proses pengemasan yang baik dapat meningkatkan daya simpan pakan sebelum dijual dan mempertahankan kualitas pakan buatan.

Pengemasan dan Penyimpanan Biskuit Pakan

Pakan buatan yang sudah kering, yaitu kadar air berkisar 10—12% sebelum dijual atau digunakan oleh konsumen dan tetap terjaga kadar airnya maka harus dikemas dengan rapi dan terisolasi dengan udara bebas sehingga tidak mudah terkontaminasi dan kualitasnya tetap terjaga (Hanif, 2012). Dalam melakukan pengemasan pakan buatan, dibutuhkan alat untuk memasukkan pakan langsung ke dalam kantong kemasan dan menjahit kantong di bagian dalam dan bagian luar. Pada pengemasan skala pabrik, semua alat pengemasan sudah terangkai menjadi satu. Pada saat pakan buatan masuk kedalam kantong kemasan langsung maka secara otomatis dilakukan penjahitan pada kemasan tersebut. Pada beberapa perusahaan kecil, proses pengemasan dilakukan secara manual dengan memasukkan pakan buatan ke dalam kantong dan ditimbang beratnya secara manual, kemudian dilakukan penjahitan kantong kemasan dengan menggunakan mesin jahit portable untuk plastik kemasan.

  • Bahan untuk Pengemasan Biskuit Pakan

Bahan yang umum digunakan untuk mengemas pakan buatan adalah karung plastik anyaman untuk bagian luar dan kantong plastik tipis transparan untuk bagian dalam. Kantong plastik tipis transparan menjaga pakan buatan terisolasi dari udara bebas, sedangkan karung plastik anyaman merupakan pelindung agar kantong plastik tidak mudah bocor serta memudahkan dalam pengangkutan. Jenis bahan kemasan yang lain adalah kertas semen yang dibuat seperti kantong dan biasanya digunakan untuk mengemas pakan yang mempunyai berat 5—10 kg. Kantong kertas semen merupakan bagian luar dari kantong kemasan, sedangkan pada bagian dalamnya merupakan kantong plastik tipis dan transparan (Hanif, 2012).

Baca Juga:  Paduan Steak dan Keju Berikan Pengalaman Kuliner yang Menarik

 

Sumber: Buku Teknik Membuat Biskuit Pakan Ternak dari Limbah Pertanian

loading...
loading...