Mengenal Tanaman Buah Durian

Pertanianku – Durio atau durian adalah tanaman buah asli Asia Tenggara dengan pusatkeanekaragaman tertinggi berada di pulau Kalimantan dan hingga saat ini sudah diketahui sekitar 29 spesies dari genus Durio. Berikut ini disajikan klasifikasi ilmiah buah durian.

Manfaat Kesehatan Durian

Kingdom : Plantae – Plants

Loading...

Subkingdom : Tracheobionta – Vascular plants

Superdivision : Spermatophyta – Seed plants

Division (phylum) : Magnoliophyta – Flowering plants

Kelas : Magnoliopsida – Dicotyledons

Subkelas : Dilleniidae

Order : Malvales

Keluarga : Malvales-Bombales – Kapok tree family

Genus : Durio Adanson – Durio

Spesies : Durio zibethinus Murray – Durian

Akan tetapi, dari jumlah tersebut hanya spesies Durio zibethinus yang sudah dibudidayakan secara komersial sebagai komoditas buah-buahan untuk dikonsumsi baik dalam bentuk segar maupun olahan.

Tanaman durian merupakan jenis pohon hutan basah yang tingginya mencapai 30—40 m dengan diameter batang 2—2,5 m. Walaupun umumnya tidak dikenal di negara barat, durian adalah komoditas buah berharga di Asia Tenggara yang memberikan pengaruh pada kultur dan sejarah dunia. Durian merupakan jenis buah yang sudah cukup lama ada di dunia. Nama durio dapat dipastikan berasal dari kata duri, yang menunjukkan adanya duri pada kulit buahnya, sedangkan zibethinus diduga berasal dari kata chivet (musang) yang mungkin terkait bau seperti musang atau disukai oleh musang.

 

Sumber: Buku Berkebun Durian Unggul

 

 

Baca Juga:  Durian Kromo Asal Banyumas Akan Dibudidayakan di Kalimantan Tengah
Loading...
Loading...