Pengendalian Hama dan Penyakit pada Tanaman Lengkeng Merah


Pertanianku – Kelelawar atau disebut juga codot merupakan hama utama tanaman lengkeng. Hewan ini menyerang buah yang sudah matang di pohon. Untuk mencegah terjadinya serangan hama ini maka sebaiknya buah dibronsong, bisa dengan menggunakan plastik yang sudang diberi lubang-lubang kecil, anyaman bambu, atau kain kasa.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Selain kelelawar, ulat pemakan pucuk juga menjadi salah satu jenis hama yang ditemukan menyerang tanaman. Pada dasarnya, hama ini memberikan dampak kerusakan tanaman yang relatif kecil. Hewan kecil ini bisa diatasi dengan cara manual dengan membuang ulat satu per satu. Untuk tindakan pencegahan, dapat disemprot dengan pestisida sesuai dengan anjuran.

Untuk serangan penyakit, hingga saat ini belum ditemukan penyakit serius yang menyerang tanaman lengkeng. Meskipun demikian, para hobiis atau pekebun tetap harus waspada karena penyakit dapat datang menyerang kapan saja. Beberapa penyakit yang patut diwaspadai antara lain penyakit antraknosa. Penyebab serangan penyakit ini adalah Collectotricum gloeosporoides.

Serangannya terhadap buah dan daun. Untuk pengendalian sebaiknya memusnahkan bagian tanaman yang terserang, melakukan sanitasi dengan baik, atau menggunakan fungisida sesuai aturan dan rekomendasi pada kemasan. Bercak daun yang disebabkan oleh cendawan Pestalotia sp. atau Fusarium sp. patut diwaspadai juga serangannya. Gejala penyakit ini adalah timbulnya bercak-bercak cokelat kelabu pada bagian tepi daun yang terinfeksi. Pada pusat bercak, terdapat bintikbintik hitam halus. Gejala serangan oleh fusarium ialah timbulnya bercak pada daun yang tidak teratur.

Untuk mengendalikan penyakit secara manual dengan memotong daun yang masih sakit ringan atau memangkas ranting yang sudah sakit berat. Pengendalian secara kimiawi dengan menyemprotkan fungisida pada tanaman yang terserang.

 

Sumber: Buku Lengkeng merah dan jenis unggul lainnya

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

 

loading...
loading...