Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Melon

Pertanianku – Serangan hama dan organisme penyebab penyakit pada melon dapat terjadi sejak benih, pembibitan, penanaman, pemanenan hingga di gudang penyimpanan. Buah melon yang berkualitas baik harus terbebas dari hama dan penyakit sampai di tangan konsumen. Agar mendapatkan kriteria buah unggul tersebut maka perlu dilakukan pengendalian terpadu terhadap pengganggu tanaman, baik hama maupun penyakit tanaman.

Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Melon

Pengendalian hama dan penyakit tanaman dapat dilakukan melalui berbagai cara, di antaranya kultur teknis, fisik/mekanis, kimiawi dan biologis. Cara kultur teknis berkaitan dengan teknis budi daya tanaman, seperti sanitasi lingkungan, pemberian mulsa atauparanet, pemangkasan rutin, dan menanam tanaman perangkap.

Loading...

Cara fisik/mekanis misalnya dengan penggunaan perangkap atraktan, pembungkusan buah, serta pemangkasan bagian yang terserang dan membakarnya. Cara kimia yaitu dengan penyemprotan pestisida kontak maupun sistemik. Cara biologis yaitu menggunakan musuh alami dan pestisida nabati. Berbagai cara pengendalian ini dapat dikombinasikan untuk pembersihan yang optimal terhadap serangan hama dan penyakit.

 

Sumber: Buku Bertanam Melon Eksklusif dalam Pot

 

 

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Durian Musang King
Loading...
Loading...