Pengendalian Hama dan Penyakit Pohon Lada

Pertanianku — Organisme seperti hama yang dapat menimbulkan penyakit pohon lada dapat menurunkan produktivitas tanaman. Oleh karena itu, penting untuk Anda ketahui jenis-jenis hama dan penyakit utama yang memiliki kemungkinan menyerang pohon lada Anda.

penyaikit pohon lada
foto: pertanianku

Kumbang Lophobaris piperis

Kumbang ini termasuk hama bagi pohon cabai karena dapat menginfeksi tanaman yang ditandai dengan perubahan wakna kulit di bawah buku-buku ranting. Larva kumbang akan masuk ke ranting dan menyebabkan buku-buku ranting mati, baik ranting orthotropis maupun plagiotopis. Kerusakan pada ranting yang produktif akan menurunkan buah yang dihasilkan oleh pohon.

Loading...

Jika infeksi yang terjadi cukup berat, tanaman akan tampak berantakan dan produktivitas menurun secara drastis. Hama kumbang dapat dikendalikan dengan pemangkasan dan pembakaran cabang atau ranting yang sakit, pembasmian sarang-sarang kumbang yang terdapat di sekitar areal perkebunan dan penggunaan insektisida yang tepat.

Dasynus piperis

Serangga ini akan menyerang buah lada muda berumur 45 bulan atau lebih. Serangga ini akan mengisap buah dan mengakibatkan buah lada berjatuhan sebelum waktu masak. Serangan ini akan menurunkan kualitas buah lada. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan penggunaan insektisida dengan bahan aktif carbaryl 85 persen.

Diconocoris hewetti

Hama ini akan merusak bunga tanaman lada. Masalah yang ditimbulkan dari serangan hama ini adalah gagalnya pembuahan karena bunga sudah rusak. Hama ini dapat dikendalkan dengan insekstisida butiran sebanyak 30 gram/pohon dewasa. Insektisida bisa diberikan pada awal musim hujan. Cara pengendalian hama ini dilakukan dengan memotong dan membakar bagian tanaman yang sudah terserang dan memusnahkan serangga dewasa beserta telurnya.

Busuk pangkal batang

Penyakit pohon lada ini disebabkan oleh cendawan Phytophthora palmivora. Pohon lada yang terkena penyakit ini akan tampak lemah terkulai, terjadi perubahan warna pada kulit batang, terdapat lingkaran berwarna cokelat kelam dengan warna abu-abu di tengahnya, dan pada daun bagian bawah akan berjatuhan yang didahului dengan gejala layu dan menguning.

Baca Juga:  Lokasi yang Berpotensial untuk Menanam Lada

Penyakit ini dapat dikendalikan dengan melakukan isolasi pada tanaman yang sudah terserang. Isolasi dilakukan dengan membuat parit yang berfungsi memisahkan tanaman yang sakit dengan tanaman yang sehat. Cara pengendalian dilakukan dengan penggunaan fungisida berbahan aktif mankozeb.

Busuk akar

Penyakit busuk akar disebabkan oleh cendawan parasit yang berbeda-beda dengan gejala yang berbeda-beda pula. Pengendalian penyakit ini sama dengan pengendalian penyakit busuk pangkal batang.

 

 

 

 

Loading...
Loading...