Pengertian Biogas dan Proses Pembuatannya

Pertanianku — Meskipun kotoran hewan ternak dianggap limbah peternakan, kotoran hewan ternak masih bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai bahan alternatif seperti pupuk organik dan biogas. Pengertian biogas secara garis besar adalah gas yang didapatkan dari makhluk hidup seperti hewan dan sisa-sisa tanaman.

pengertian biogas
foto: pixabay

Pengertian biogas sering disebut dengan gas bio. Sumber gas bio dihasilkan dari bahan-bahan organik, seperti kotoran hewan, kotoran manusia, dan sampah. Bahan organik tersebut direndam ke dalam air dan disimpan dalam wadah yang tertutup atau anaerob (tanpa oksigen).

Pada dasarnya biogas dapat terbentuk secara alami dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepat proses serta untuk menampung gas yang lebih efektif, Anda memelukan alat tambahan yang dapat membantu proses terjadinya gas tersebut.

Loading...

Jika kotoran hewan yang digunakan untuk diolah dan dimasukkan ke wadah pembuatan biogas sudah tercampur oleh air (slurry), proses pembuatan biogas menjadi dua tahap, yakni proses aerobik dan proses anaerobik.

Pada proses aerobik diperlukan oksigen untuk mengolah kotoran hingga menghasilkan karbon dioksida. Proses aerobik berakhir saat oksigen sudah habis. Selanjutnya, dilakukan proses pembuatan biogas dengan anaerobik, yakni proses pembusukan. Pada proses anaerobik inilah akan dihasilkan biogas.

Agar proses pembusukan berhasil, wadah yang digunakan harus tertutup sangat rapat. Dengan begitu, wadah menjadi hampa udara. Kondisi wadah hampa udara merupakan salah satu kunci keberhasilan proses pembentukan biogas.

Biogas yang sudah terbentuk dapat dijadikan sebagai bahan bakar karena mengandung gas methan dalam jumlah yang cukup tinggi. Komponen penyusun biogas adalah methan 54—70 persen, karbon dioksida 27—45 persen, nitrogen 0,5—3 persen, karbon monoksida 0,1 persen, oksigen 01 persen, dan sedikit hidrogen sulfida.

Baca Juga:  Jurus Jitu Mengusir Hama Tikus Padi di Lahan Rawa

Pembuatan biogas memang terlihat cukup rumit. Namun, jika ditelaah lebih lanjut, biogas dapat dibuat dengan alat-alat sederhana dan dapat dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Gas yang dihasilkan dapat menjadi sumber bahan bakar alternatif. Terlebih, sumber bahan baku pembuatan biogas sangat mudah didapatkan oleh masyarakat pedesaan yang umumnya beternak sapi.

Keuntungan penggunaan biogas antara lain mengurangi penggunaan minyak yang sudah mahal dan sulit didapatkan, mengurangi penebangan kayu bagi masyarakat yang masih menggunakan kayu sebagai bahan bakar, mengurangi pencemaran lingkungan dengan mengolah limbah peternakan menjadi hal yang berguna, dan buangan dari pembuatan biogas dapat digunakan sebagai pupuk yang baik.

Loading...
Loading...