Penggemukan Sapi dengan Kombinasi Pasture dan Dry Lot Fattening

Pertanianku — Terdapat beberapa metode penggemukan sapi yang dapat digunakan oleh peternak. Di daerah subtropis, ketika musin dingin sedang berlangsung tetapi salju belum turun, sapi biasanya digemukkan dengan sistem pasture. Setelah salju turun, metode penggemukan diganti menjadi sistem dry lot. Kombinasi pasture dan dry lot fattening sebenarnya juga sering dilakukan di daerah tropis.

penggemukan sapi
foto: Pertanianku

Penggunaan metode kombinasi pasture dan dry lot di daerah tropis dan subtropis harus dilakukan berdasarkan pertimbangan musim dan ketersediaan pakan. Di daerah tropis, pada musim banyak produksi hijauan ataupun rumput, penggemukan sapi dilakukan dengan pasture. Pada musim tertentu, misalnya musim kemarau, sewaktu produksi hijauan sudah sangat menurun, penggemukan dilanjutkan dengan sistem dry lot.

Penggemukan dengan sistem kombinasi pasture dan dry lot fattening dapat pula diartikan dengan menggembalakan sapi-sapi di padang penggembalan di siang hari selama beberapa jam. Sementara itu, pada sore dan malam hari, sapi-sapi dikandangkan dan diberi pakan konsentrat secukupnya.

Sistem penggemukan ini biasanya dilakukan di daerah yang masih memiliki padang penggembalaan yang luas. Sayangnya, saat ini luas lahan makin terbatas sehingga semakin sulit menerapkan gabungan dua metode penggemukan ini secara ideal.

Dibanding sistem pasture fattening, lama penggemukan dengan sistem kombinasi pasture dan dry lot fattening lebih singkat. Lama penggemukan sapi umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama umur, kelamin, kondisi, bobot, serta kuantitas ataupun kualitas pakan yang diberikan. Misalnya, sapi yang berumur muda akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding sapi tua. Berikut ini uraian mengenai lamanya penggemukan yang dipengaruhi oleh umur sapi bakalan.

  1. Sapi bakalan untuk penggemukan yang berumur kurang dari satu tahun, lama penggemukan sekitar 8–9 bulan.
  2. Sapi bakalan untuk penggemukan yang berumur 1–2 tahun, lama penggemukan sekitar 6–7 bulan.
  3. Sapi bakalan untuk penggemukan yang berumur 2–2,5 tahun, lama penggemukan sekitar 4–6 bulan.
Baca Juga:  Jenis-Jenis Domba Ternak